BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Berdasarkan
UU RI No. 20 tentang sistem pendidikan Nasional dan Peraturan RI No. 10 Tahun
1995 bahwa Perguruan Tinggi dapat menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat
adalah kegiatan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan
sumbangan demi kemajuan masyarakat.
Dalam
meningkatkan kualitas dan kemampuan mahasiswa pendidikan, maka perlu adanya
pembekalan ilmu praktek atau kuliah kerja lapangan (KKL) yang dilaksanakan
diluar kampus Universitas PGRI Palembang.
Kuliah
kerja lapangan (KKL) merupakan salah satu bentuk pengintegrasian antara
kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan Pendidikan dan Penelitian. Kegiatan
ini wajib bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang mengikuti Program S1
dengan bobot 2 SKS.
Dalam
pelaksanaan KKL diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan secara langsung
baik proses pendidikan, proses pembelajaran maupun administrasi yaitu pada SMP
Negeri 1 Sirah Pulau Padang khususnya dibidang pendidikan dan bidang lain yang
relevan dengan disiplin ilmu, dengan berdasarkan pada dasar- dasar KKL, yaitu:
1. PP No. 60 tahun 1999 tentang pendidikan
tinggi.
2. SK Mendiknas RI No. 97 / 0 / D tanggal 9 Juni
2000 tentang alih fungsi Universitas PGRI Palembang.
3. UU RI No. 0 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
4. PP RI No. 10 tahun 2005 tentang Standar
Pendidikan Nasional.
5. Status Universitas PGRI Palembang
6. Pedoman Program Peningkatan Mutu Universitas
PGRI Palembang.
B.
Rencana Kegiatan
Berdasarkan
ketentuan yang telah ditetapkan oleh Universitas PGRI Palembang tentang Program
Kerja dan pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang disesuaikan dengan
tempat KKL yang dipilih. Dalam hal ini penyusunan memilih lembaga pendidikan
khususnya di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang untuk mengetahui tentang
administrasi yang meliputi hal- hal sebagai berikut:
1. Administrasi kependidikan, sekolah dan
perkantoran.
2. Administrasi Tata Laksana Perkantoran.
3. Administrasi Kepegawaian.
4. Administrasi Sarana dan Prasarana.
5. Administrasi keuangan.
6. Administrasi dan sistem pengelolahan
Laboratorium.
7. Administrasi Hubungan Masyarakat.
8. Administrasi penunjang.
C.
Sasaran Kegiatan
Sasaran
yang ingin dicapai dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah:
1. Menciptakan pribadi calon sarjana Uninersitas
PGRI Palembang yang memiliki seperangkat ilmu pengetahuan, nilai dan sikap yang
kompetitif, berkepribadian unggul, mandiri, produktif, kreatif, dan tidak
pernah putus asa.
2. Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI
Palembang yang professional menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalami
baik secara teori maupun praktek, sehingga mempermudah dalam menghadapi dan
memecahkan masalah.
3. Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI
Palembang yang menguasai seperangkat ilmu pengetahuan tentang administrasi
pendidikan dan administrasi perkantoran sesuai dengan bidangnya atau program
studi masing- masing.
4. Memberikan pengalaman dan keterampilan pada
mahasiwa sebagai kader pembangunan, sehingga setelah jadi sarjana kelak,
sanggup ditempatkan di mana saja.
D.
Tujuan
Tujuan
yang ingin dicapai dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah:
1. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota
masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan
memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Melatih mahasiswa untuk mengaplikasikan secara
langsung pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya mensukseskan pembangunan
bangsa.
3. Meningkatkan kerja sama antara Universitas
PGRI Palembang dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam melaksanakan
pembangunan.
E.
Manfaat
Melalui
kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan dapat bermanfaat bagi
mahasiswa maupun Universitas PGRI Palembang, antara lain:
1. Dapat memberikan hasil kerja yang baik dalam
jumlah yang optimal melalui pelaksanaan kerja yang efektif dan efisien.
2. Mampu mengembangkan kepercayaan dan dapat
memberikan bukti berupa hasil kerja.
3. Peka dan mampu dengan segera menindaklanjuti
tuntutan yang selalu berubah.
4. Berkeinginan untuk selalu menambah dan
memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman.
BAB II
KEADAAN
UMUM
A.
Struktur Organisasi SMP Negeri 1 Sirah Pulau
Padang
B.
Tugas dan Fungsi Pegawai SMP Negeri 1 Sirah
Pulau Padang
1.
Komite Sekolah
- Melaksanakan dan bertanggumg jawab pada kegiatan Komite Sekolah.
- Melaksanakan program kerja tahunan Komite Sekolah.
- Memimpin rapat yang akan dilaksanakan oleh kepengurusan komite sekolah dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan erat dengan komite sekolah.
2.
Kepala Sekolah
- Memimpin dan mengarahkan kegiatan sekolah.
3.
Wakil Kepala Sekolah
- Membantuk kegiatan Kepala Sekolah dan menjadi perwakilan sekolah dalam berbagai kegiatan.
4.
Guru Bimbingan Konseling
- Mendidik peserta didik kearah yang lebih baik.
- Memberi hukuman bagi peserta didik yang melanggar peraturan sekolah.
- Memberi pengarahan atau nasehat bagi peserta didik yang bermasalah.
5.
Bagian Tata Usaha
- Mencatat kas induk atau jurnal.
- Mencatat dan mengecap buku- buku yang baru masuk.
- Mengetik atau membuat surat- surat penting.
- Mencatat agenda surat masuk dan keluar.
- Membuat notulen rapat dewan guru.
6.
Kepegawaian
- Membuat daftar keadaan guru atau pegawai.
- Membuat laporan bulanan sekolah kepada atasan.
- Membuat daftar hadir pegawai dan guru setiap bulan.
7.
Bagian Kesiswaan
- Membuat laporan daftar hadir peserta didik tiap kelas.
- Mencatat nama- nama peserta didik yang baru masuk.
- Membuat buku induk siswa.
8.
Bagian Perpustakaan
- Mencatat nama- nama peserta didik yang meminjam buku.
- Mencatat buku perpustakaan berdasarkan klasifikasi buku.
- Membuat tata tertib pengunjung.
9.
Bagian Teknisi Umum
- Membuat surat- surat penting seperti: surat permohonan, surat undangan, dan surat keterangan honor.
10. Bagian
Perlengkapan Logistic
- Menangani masalah ijazah siswa- siswi.
11. Bagian
Layanan Teknisi Keamanan
- Menjaga keamanan lingkungan sekolah.
12. Bagian
Layanan Teknisi Kebun atau Taman
- Membersihkan lingkungan sekolah termasuk kebun dan taman sekolah.
C.
Keadaan Lingkungan Fisik dan Sosial SMP Negeri
1 SP. Padang
Berdasarkan
observasi yang penyusun lakukan selama kegiatan kuliah kerja lapangan ini
berlangsung selama enam minggu mulai dari tanggal 26 Januari 2015 sampai dengan
7 Maret 2015 di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang, maka penyusun dapat mengetahui
keadaan gedung sekolah dan keadaan lingkungan fisik sekolah ini secara umum
cukup baik dan nyaman untuk proses belajar mengajar. Sedangkan mengenai keadaan
sosial yang ada di sekitar sekolah berkaitan erat dengan Kepala Sekolah, guru-
guru, dan staf tata usaha begitu juga siswa- siswi, semua sangat membantu
kegiatan- kegiatan KKL khususnya di bidang administrasi dan proses belajar
mengajar pada umumnya sehingga KKL dapat berjalan dengan lancar dan baik di SMP
Negeri 1 Sirah Pulau Padang.
Adapun keadaan fisik dan sosial lingkungan SMP
Negeri 1 Sirah Pulau Padang bisa dilihat pada tabel di bawah ini:
Tabel 1.1
Keadaan Lingkungan Fisik
No
|
Gedung
|
Banyak
|
Keterangan
|
1
|
Laboratorium
|
2
|
Lab. IPA dan Komputer
|
2
|
Perpustakaan
|
1
|
Bergabung dengan ruang koperasi
|
3
|
Ruang Tata Usaha
|
2
|
Baik
|
4
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
Baik
|
5
|
Ruang Guru
|
1
|
Untuk Guru perempuan dan laki- laki baik PNS
maupun Honor
|
6
|
Ruang Kelas
|
19
|
Kelas VII ada 6 ruang
Kelas VIII ada 7 ruang
Kelas IX ada 6 ruang
|
7
|
Ruang BK
|
1
|
Baik
|
8
|
Pos Keamanan
|
1
|
Baik
|
9
|
Tempat Parkir
|
1
|
Baik
|
10
|
Mussolah
|
1
|
Baik
|
11
|
Toilet
|
4
|
Untuk Guru ada 2, baik semua
Untuk siswa ada 2, satu rusak
|
Jumlah
|
34
|
|
Tabel 1.2
Keadaan
Lingkungan Sosial
No
|
Staff Guru / TU
|
Banyak
|
1
|
Jumlah Guru PNS
|
34 Orang
|
2
|
Jumlah Guru Honor
|
22
Orang
|
3
|
Staff TU dan Penjaga
|
19
Orang
|
4
|
Jumlah Siswa Kelas VII
|
239 Orang
|
5
|
Jumlah Siswa Kelas VIII
|
236 Orang
|
6
|
Jumlah Siswa Kelas IX
|
214 Orang
|
Jumlah
|
764 Orang
|
BAB III
PERMASALAHAN
A.
Masalah
Dalam
pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang
penyusun di fokuskan pada bidang administrasi penunjang khususnya di bidang
perpustakaan. Adapun masalah yang ditemukan yaitu:
1. Penggunaan dan pemanfaatan perpustakaan yang
kurang efektif oleh siswa- siswi.
2. Perawatan buku- buku dan kebersihan sekitar
perpustakaan yang kurang terawat.
B.
Alternatif Pemecahan Masalah
Seperti yang
dijelaskan di atas, maka alternatif pemecahan masalah yang digunakan yaitu:
1. Membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan bagi
tiap kelas dan diwajibkan untuk menjalankan
jadwal kunjungan tersebut agar penggunaan dan pemanfaatan perpustakaan oleh
siswa- siswi SMP Negeri 1 SP. Padang dapat berjalan dengan baik dan efektif.
2. Membuat jadwal piket perpustakaan bagi tiap
kelas dan wajib menjalankan jadwal piket tersebut agar kerapian buku- buku dan
kebersihan sekitar perpustakaan lebih terawat.
BAB IV
PELAKSANAAN
DAN HASIL KEGIATAN
Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan ini
dilaksanakan pada tanggal 26 Januari sampai 7 Maret 2015 di SMP Negeri 1 Sirah
Pulau Padang (OKI).
A.
Tahap Pelaksanaan dan Kegiatan
No
|
Tanggal
|
Kegiatan
|
Penyelesaian
|
Paraf
|
1
2
3
4
5
|
26 Januari 2015
27,28 Januari 2015
29 Januari 2015
30 Januari 2015
31 Januari 2015
|
- Mengikuti upacara bendera
- Serah terima mahasiswa KKL Universitas PGRI
Palembang ke SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang
- Membuat dan menyiapkan kartu peminjam buku
perpustakaan
- Mengisi kelas kosong
- Membantu pengelolah perpustakaan memperbaiki
buku- buku yang rusak dengan cara memberi necis pada buku tersebut
- Memperbaiki CPU Komputer yang tidak menyala
dengan cara mengganti kabel penghubung CPU ke Power
- Mengikuti senam pagi
- Membersihkan buku- buku
- Mengecek buku induk perpustakaan
- Melatih upacara bendera siswa kelas IX.1
|
S
E
L
E
S
A
I
|
|
6
7
8
9
|
02 Februari 2015
3,4,5 Februari 2015
6 Februari 2015
7 Februari 2015
|
- Mengikuti upacara bendera
- Menyiapkan kartu pinjaman kepada siswa
- Mengecek dan menyiapkan buku- buku pinjaman
perpustakaan
- Mengisi kelas kosong
- Mengikuti senam pagi
- Membersihkan dan merapikan ruangan
perpustakaan
- Menyampul buku perpustakaan
|
S
E
L
E
S
A
I
|
|
10
11
12
13
14
|
9 Februari 2015
10 dan 11 Februari 2015
12 Februari 2015
13 Februari 2015
14 Februari 2015
|
- Mengikuti upacara bendera
- Mengikuti rapat bulanan sekolah
- Menyiapkan dan menempel kartu buku
perpustakaan
- Mengatur klasifikasi perpustakaan
- Membantu pengelolah perpustakaan memotong
karpet
- Memasang karpet perpustakaan bersama siswa
- Mengikuti senam pagi
- Membersihkan buku dan rak buku
- Melatih upacara
- Mengisi kelas kosong
|
S
E
L
E
S
A
I
|
|
15
16
17
18
19
|
16 Februari 2015
17 dan 18 Februari 2015
19 Februari 2015
20 Februari 2015
21 Februari 2015
|
- Mengikuti upacara bendera
- Menyampul buku perpustakaan
- Melakukan absen keliling
- Mengecap slip gaji guru (KP 4)
- Mengisi kelas kosong
- Tanggal merah memperingati tahun baru imlek
2566
- Mengikuti senam pagi
- Merapikan dan membersihkan buku- buku dan
meja
- Melakukan absen keliling
- Memindahkan nama siswa yang tidak hadir ke
buku harian
|
S
E
L
E
S
A
I
|
|
20
21
22
23
24
|
23 Februari 2015
24 dan 25 Februari 2015
26 Februari 2015
27 Februari 2015
28 Februari 2015
|
- Izin tidak hadir di sekolah karena seminar
pelatihan penyusunan skripsi di Universitas PGRI Palembang
- Mengecek kartu buku perpustakaan
- Mengecap buku bagi siswa yang meminjam
- Mempelajari cara menyusun buku berdasarkan
klasifikasi
- Mengisi kelas kosong
- Mengikuti senam pagi
- Mempelajari cara membuat katalog
perpustakaan
- Mengarahkan siswa untuk mematuhi tata tertib
perpustakaan
- Memindahkan dan menyusun komputer
perpustakaan
|
S
E
L
E
S
A
I
|
|
25
26
27
28
29
|
2 dan 3 Maret 2015
4 Maret 2015
5 Maret 2015
6 Maret 2015
7 Maret 2015
|
- Menyiapkan dan menyusun ruangan dan kursi
untuk rapat antara kepsek dengan Orang tua siswa kelas IX dan VIII
- Menjadi panitia penerimaan tamu dan mengarahkan
tempat duduk para orang tua murid.
- Tidak hadir di Sekolah, karena mengikuti
Seminar Proposal di Universitas PGRI Palembang.
- Menyerahkan laporan bulanan kepada kepala
sekolah
- Mengecek daftar pengunjung setiap hari
- Mengikuti senam pagi
- Mengisi nilai siswa di buku Induk Siswa
- Menjaga perpustakaan
- Menyiapkan ruangan (laboratorium) untuk
acara penarikan mahasiswa KKL
|
S
E
L
E
S
A
I
|
|
30
|
9 Maret 2015
|
- Acara pelepasan atau penarikan Mahasiswa KKL
- Serah Terima Mahasiswa KKL
|
SELESAI
|
|
Mengetahui,
SP. Padang, Maret 2015
Mentor Ketua Kelompok
SUARTI MUHAMMAD DERI JUNIKO
NIP. 19621210
198303 2 008 NIM. 2011 131 044
Mengesahkan, Palembang,
Maret 2015
Kepala SMP N. 1 SP. Padang Dosen Pembimbing
KAMRAN, S.Pd H. Rudi Asri, S.Pd., M.Si
NIP. 19720602
199802 1 005
B.
Hasil
Setelah melakukan beberapa rangkaian-
rangkaian kegiatan selama kurang lebih satu setengah bulan dalam melakukan
kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) maka penyusun dapat mengetahui serta
memahami kegiatan- kegiatan administrasi sekolah khususnya di bidang
administrasi perpustakaan dan mengetahui
masalah- masalah ataupun kekurangan yang ada di perpustakaan serta langkah-
langkah apa saja yang penyusun lakukan untuk meminimalisir masalah- masalah
yang dihadapi tersebut serta dapat berpartisipasi dan ikut serta menyelesaikan
masalah- masalah yang ada di lapangan.
C.
Pembahasan
Administrasi Perpustakaan
1.
Ruang Perpustakaan
Ruang perpustakaan merupakan fasilitas atau
sarana yang berbentuk tempat di sekolah yang bertujuan untuk membantu siswa
dalam proses belajar mengajar, melalui buku- buku yang telah disediakan. Untuk
ruang perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah cukup memadai di
perpustakaan ini telah tersedia buku- buku yang sesuai dengan kebutuhan
perserta didik meskipun bukunya masih terbatas.
2.
Pengelolah Perpustakaan
Pengelolah
memiliki peranan penting dalam perkembangan dalam perpustakaan. Pengelolah
diharapkan bias berkoordinasi agar bisa memberikan yang terbaik bagi pengunjung
dan sekolah.
Pengelolah
perpustakaan SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah cukup baik, mereka selalu
berusaha memberikan yang terbaik bagi perpustakaan, seperti memberikan suasana nyaman
di perpustakaan, membuat tata tertib, dan berusaha melengkapi administrasi yang
lain, seperti membuka buku induk perpustakaan, membuat kartu pengunjung, dan
lain- lain.
3.
Kartu Pinjaman
Kartu
pinjaman bertujuan untuk mengkoordinir buku- buku yang dipinjam oleh para
siswa. Di SMP Negeri 1 Sirah Pulau
Padang telah tersedia kartu pinjaman perpustakaan untuk para siswa agar lebih
teratur dalam proses meminjam dan mengembalikan buku.
4.
Buku Induk Perpustakaan
Buku induk perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah
Pulau Padang telah tersedia dengan baik.
5.
Klasifikasi Buku
Klasifikasi
buku di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah diatur dengan baik berdasarkan
judul dan pengarang buku.
6.
Buku Peminjam
Buku
peminjam di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah ada dan terorganisasi dengan
baik berdasarkan judul dan pengarang buku.
7.
Ruangan
Ruangan
perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang berukuran sedang, terdapat rak
buku, lemari, meja dan kursi. Di ruangan perpustakaan juga memiliki jendela dan
pentilasi yang cukup sebagai siklus pergantian udara untuk kenyamanan selama
berada di perpustakaan. Selain itu juga terdapat kipas angin dan televisi serta
komputer untuk pengelolah perpustakaan.
8.
Kebersihan
Kebersihan
perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang di jaga oleh pengelolah
sekaligus pengunjung perpustakaan, dengan diadakannya pergantian piket setiap
siswa yang berfungsi untuk mengkoordinir kebersihan di sekitar perpustakaan.
9.
Buku
Buku-
buku di perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang masih terbatas dan
perlu penambahan buku- buku paket sebagai penunjang siswa dalam belajar.
BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Dari
pelaksanaan kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Universitas PGRI Palembang
di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang, maka penyusun dapat menarik kesimpulan
sebagai berikut:
1. Dalam proses administrasi telah ada pembagian
tugas yang telah diatur oleh pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah
sebagai pimpinan.
2. Dalam penggunaan dan pemanfaatan perpustakaan
oleh siswa kurang efektif sehingga perpustakaan belum berfungsi dengan baik.
3. Dalam perawatan kebersihan dan isi
perpustakaan juga kurang baik sehingga perpustakaan terlihat tidak terawat
dengan baik.
B.
Saran
Adapun
saran yang dapat diberikan kepada sekolah antara lain:
1. Agar perpustakaan dapat dimanfaatkan secara
efektif, ada baiknya perpustakaan membuat jadwal kunjungan perpustakaan bagi
tiap- tiap kelas dan wajib untuk dijalankan.
2. Untuk menjaga kebersihan dan isi perpustakaan,
sebaiknya pihak perpustakaan membuat jadwal piket perpustakaan bagi tiap- tiap
kelas dan wajib untuk dilaksanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar