Senin, 16 Maret 2015

Laporan KKL d SMP SP.Padang



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Berdasarkan UU RI No. 20 tentang sistem pendidikan Nasional dan Peraturan RI No. 10 Tahun 1995 bahwa Perguruan Tinggi dapat menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat.
Dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan mahasiswa pendidikan, maka perlu adanya pembekalan ilmu praktek atau kuliah kerja lapangan (KKL) yang dilaksanakan diluar kampus Universitas PGRI Palembang.
Kuliah kerja lapangan (KKL) merupakan salah satu bentuk pengintegrasian antara kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan Pendidikan dan Penelitian. Kegiatan ini wajib bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang mengikuti Program S1 dengan bobot 2 SKS.
Dalam pelaksanaan KKL diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan secara langsung baik proses pendidikan, proses pembelajaran maupun administrasi yaitu pada SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang khususnya dibidang pendidikan dan bidang lain yang relevan dengan disiplin ilmu, dengan berdasarkan pada dasar- dasar KKL, yaitu:
1.    PP No. 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi.
2.    SK Mendiknas RI No. 97 / 0 / D tanggal 9 Juni 2000 tentang alih fungsi Universitas PGRI Palembang.
3.    UU RI No. 0 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
4.    PP RI No. 10 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
5.    Status Universitas PGRI Palembang
6.    Pedoman Program Peningkatan Mutu Universitas PGRI Palembang.
B.   Rencana Kegiatan
Berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Universitas PGRI Palembang tentang Program Kerja dan pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang disesuaikan dengan tempat KKL yang dipilih. Dalam hal ini penyusunan memilih lembaga pendidikan khususnya di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang untuk mengetahui tentang administrasi yang meliputi hal- hal sebagai berikut:
1.    Administrasi kependidikan, sekolah dan perkantoran.
2.    Administrasi Tata Laksana Perkantoran.
3.    Administrasi Kepegawaian.
4.    Administrasi Sarana dan Prasarana.
5.    Administrasi keuangan.
6.    Administrasi dan sistem pengelolahan Laboratorium.
7.    Administrasi Hubungan Masyarakat.
8.    Administrasi penunjang.
C.   Sasaran Kegiatan
Sasaran yang ingin dicapai dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah:
1.    Menciptakan pribadi calon sarjana Uninersitas PGRI Palembang yang memiliki seperangkat ilmu pengetahuan, nilai dan sikap yang kompetitif, berkepribadian unggul, mandiri, produktif, kreatif, dan tidak pernah putus asa.
2.    Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI Palembang yang professional menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalami baik secara teori maupun praktek, sehingga mempermudah dalam menghadapi dan memecahkan masalah.
3.    Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI Palembang yang menguasai seperangkat ilmu pengetahuan tentang administrasi pendidikan dan administrasi perkantoran sesuai dengan bidangnya atau program studi masing- masing.
4.    Memberikan pengalaman dan keterampilan pada mahasiwa sebagai kader pembangunan, sehingga setelah jadi sarjana kelak, sanggup ditempatkan di mana saja.

D.   Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah:
1.    Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.    Melatih mahasiswa untuk mengaplikasikan secara langsung pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya mensukseskan pembangunan bangsa.
3.    Meningkatkan kerja sama antara Universitas PGRI Palembang dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam melaksanakan pembangunan.



E.   Manfaat
Melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun Universitas PGRI Palembang, antara lain:
1.    Dapat memberikan hasil kerja yang baik dalam jumlah yang optimal melalui pelaksanaan kerja yang efektif dan efisien.
2.    Mampu mengembangkan kepercayaan dan dapat memberikan bukti berupa hasil kerja.
3.    Peka dan mampu dengan segera menindaklanjuti tuntutan yang selalu berubah.
4.    Berkeinginan untuk selalu menambah dan memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman.













BAB II
KEADAAN UMUM
A.   Struktur Organisasi SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang













































B.   Tugas dan Fungsi Pegawai SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang
1.    Komite Sekolah
  • Melaksanakan dan bertanggumg jawab pada kegiatan Komite Sekolah.
  • Melaksanakan program kerja tahunan Komite Sekolah.
  • Memimpin rapat yang akan dilaksanakan oleh kepengurusan komite sekolah dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan erat dengan komite sekolah.
2.    Kepala Sekolah
  • Memimpin dan mengarahkan kegiatan sekolah.
3.    Wakil Kepala Sekolah
  • Membantuk kegiatan Kepala Sekolah dan menjadi perwakilan sekolah dalam berbagai kegiatan.
4.    Guru Bimbingan Konseling
  • Mendidik peserta didik kearah yang lebih baik.
  • Memberi hukuman bagi peserta didik yang melanggar peraturan sekolah.
  • Memberi pengarahan atau nasehat bagi peserta didik yang bermasalah.
5.    Bagian Tata Usaha
  • Mencatat kas induk atau jurnal.
  • Mencatat dan mengecap buku- buku yang baru masuk.
  • Mengetik atau membuat surat- surat penting.
  • Mencatat agenda surat masuk dan keluar.
  • Membuat notulen rapat dewan guru.


6.    Kepegawaian
  • Membuat daftar keadaan guru atau pegawai.
  • Membuat laporan bulanan sekolah kepada atasan.
  • Membuat daftar hadir pegawai dan guru setiap bulan.
7.    Bagian Kesiswaan
  • Membuat laporan daftar hadir peserta didik tiap kelas.
  • Mencatat nama- nama peserta didik yang baru masuk.
  • Membuat buku induk siswa.
8.    Bagian Perpustakaan
  • Mencatat nama- nama peserta didik yang meminjam buku.
  • Mencatat buku perpustakaan berdasarkan klasifikasi buku.
  • Membuat tata tertib pengunjung.
9.    Bagian Teknisi Umum
  • Membuat surat- surat penting seperti: surat permohonan, surat undangan, dan surat keterangan honor.
10. Bagian Perlengkapan Logistic
  • Menangani masalah ijazah siswa- siswi.
11. Bagian Layanan Teknisi Keamanan
  • Menjaga keamanan lingkungan sekolah.
12. Bagian Layanan Teknisi Kebun atau Taman
  • Membersihkan lingkungan sekolah termasuk kebun dan taman sekolah.











































































C.   Keadaan Lingkungan Fisik dan Sosial SMP Negeri 1 SP. Padang
Berdasarkan observasi yang penyusun lakukan selama kegiatan kuliah kerja lapangan ini berlangsung selama enam minggu mulai dari tanggal 26 Januari 2015 sampai dengan 7 Maret 2015 di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang, maka penyusun dapat mengetahui keadaan gedung sekolah dan keadaan lingkungan fisik sekolah ini secara umum cukup baik dan nyaman untuk proses belajar mengajar. Sedangkan mengenai keadaan sosial yang ada di sekitar sekolah berkaitan erat dengan Kepala Sekolah, guru- guru, dan staf tata usaha begitu juga siswa- siswi, semua sangat membantu kegiatan- kegiatan KKL khususnya di bidang administrasi dan proses belajar mengajar pada umumnya sehingga KKL dapat berjalan dengan lancar dan baik di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang.
Adapun keadaan fisik dan sosial lingkungan SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang bisa dilihat pada tabel di bawah ini:
Tabel 1.1
Keadaan Lingkungan Fisik
No
Gedung
Banyak
Keterangan
1
Laboratorium
2
Lab. IPA dan Komputer
2
Perpustakaan
1
Bergabung dengan ruang koperasi
3
Ruang Tata Usaha
2
Baik
4
Ruang Kepala Sekolah
1
Baik
5
Ruang Guru
1
Untuk Guru perempuan dan laki- laki baik PNS maupun Honor
6
Ruang Kelas

19
Kelas VII ada 6 ruang
Kelas VIII ada 7 ruang
Kelas IX ada 6 ruang
7
Ruang BK
1
Baik
8
Pos Keamanan
1
Baik
9
Tempat Parkir
1
Baik
10
Mussolah
1
Baik
11
Toilet
4
Untuk Guru ada 2, baik semua
Untuk siswa ada 2, satu rusak
Jumlah
34


Tabel 1.2
Keadaan Lingkungan Sosial
No
Staff Guru / TU
Banyak
1
Jumlah Guru PNS
  34 Orang
2
Jumlah Guru Honor
  22 Orang
3
Staff TU dan Penjaga
  19 Orang
4
Jumlah Siswa Kelas VII
239 Orang
5
Jumlah Siswa Kelas VIII
236 Orang
6
Jumlah Siswa Kelas IX
214 Orang
Jumlah
764 Orang










BAB III
PERMASALAHAN
A.   Masalah
Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang penyusun di fokuskan pada bidang administrasi penunjang khususnya di bidang perpustakaan. Adapun masalah yang ditemukan yaitu:
1.    Penggunaan dan pemanfaatan perpustakaan yang kurang efektif oleh siswa- siswi.
2.    Perawatan buku- buku dan kebersihan sekitar perpustakaan yang kurang terawat.
B.   Alternatif Pemecahan Masalah
Seperti yang dijelaskan di atas, maka alternatif pemecahan masalah yang digunakan yaitu:
1.    Membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan bagi tiap kelas dan diwajibkan  untuk menjalankan jadwal kunjungan tersebut agar penggunaan dan pemanfaatan perpustakaan oleh siswa- siswi SMP Negeri 1 SP. Padang dapat berjalan dengan baik dan efektif.
2.    Membuat jadwal piket perpustakaan bagi tiap kelas dan wajib menjalankan jadwal piket tersebut agar kerapian buku- buku dan kebersihan sekitar perpustakaan lebih terawat.




BAB IV
PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN
Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Januari sampai 7 Maret 2015 di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang (OKI).
A.   Tahap Pelaksanaan dan Kegiatan
No
Tanggal
Kegiatan
Penyelesaian
Paraf
1




2



3








4

5
26 Januari 2015



27,28 Januari 2015

29 Januari 2015







30 Januari 2015
31 Januari 2015
-   Mengikuti upacara bendera
-   Serah terima mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang ke SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang
-   Membuat dan menyiapkan kartu peminjam buku perpustakaan
-   Mengisi kelas kosong
-   Membantu pengelolah perpustakaan memperbaiki buku- buku yang rusak dengan cara memberi necis pada buku tersebut
-   Memperbaiki CPU Komputer yang tidak menyala dengan cara mengganti kabel penghubung CPU ke Power
-   Mengikuti senam pagi
-   Membersihkan buku- buku
-   Mengecek buku induk perpustakaan

-   Melatih upacara bendera siswa kelas IX.1





S

E

L

E

S

A

I

6


7



8


9
02 Februari 2015
3,4,5 Februari 2015

6 Februari 2015

7 Februari 2015
-   Mengikuti upacara bendera
-   Menyiapkan kartu pinjaman kepada siswa
-   Mengecek dan menyiapkan buku- buku pinjaman perpustakaan
-   Mengisi kelas kosong
-   Mengikuti senam pagi
-   Membersihkan dan merapikan ruangan perpustakaan
-   Menyampul buku perpustakaan
S

E

L

E

S

A
I

10


11



12




13


14
9 Februari 2015

10 dan 11 Februari 2015

12 Februari 2015


13 Februari 2015
14 Februari 2015
-   Mengikuti upacara bendera
-   Mengikuti rapat bulanan sekolah
-   Menyiapkan dan menempel kartu buku perpustakaan
-   Mengatur klasifikasi perpustakaan
-   Membantu pengelolah perpustakaan memotong karpet
-   Memasang karpet perpustakaan bersama siswa
-   Mengikuti senam pagi
-   Membersihkan buku dan rak buku
-   Melatih upacara
-   Mengisi kelas kosong


S

E

L

E

S

A

I

15


16


17


18


19
16 Februari 2015
17 dan 18 Februari 2015
19 Februari 2015
20 Februari 2015
21 Februari 2015
-   Mengikuti upacara bendera
-   Menyampul buku perpustakaan
-   Melakukan absen keliling
-   Mengecap slip gaji guru (KP 4)
-   Mengisi kelas kosong
-   Tanggal merah memperingati tahun baru imlek 2566

-   Mengikuti senam pagi
-   Merapikan dan membersihkan buku- buku dan meja
-   Melakukan absen keliling
-   Memindahkan nama siswa yang tidak hadir ke buku harian

S

E

L

E

S

A

I

20



21



22


23


24



23 Februari 2015

24 dan 25 Februari 2015

26 Februari 2015
27 Februari 2015
28 Februari 2015

-   Izin tidak hadir di sekolah karena seminar pelatihan penyusunan skripsi di Universitas PGRI Palembang
-   Mengecek kartu buku perpustakaan
-   Mengecap buku bagi siswa yang meminjam
-   Mempelajari cara menyusun buku berdasarkan klasifikasi
-   Mengisi kelas kosong
-   Mengikuti senam pagi
-   Mempelajari cara membuat katalog perpustakaan
-   Mengarahkan siswa untuk mematuhi tata tertib perpustakaan
-   Memindahkan dan menyusun komputer perpustakaan


S

E

L

E

S

A

I

25







26


27



28


29
2 dan 3 Maret 2015





4 Maret 2015

5 Maret 2015


6 Maret 2015

7 Maret 2015
-   Menyiapkan dan menyusun ruangan dan kursi untuk rapat antara kepsek dengan Orang tua siswa kelas IX dan VIII
-   Menjadi panitia penerimaan tamu dan mengarahkan tempat duduk para orang tua murid.
-   Tidak hadir di Sekolah, karena mengikuti Seminar Proposal di Universitas PGRI Palembang.
-   Menyerahkan laporan bulanan kepada kepala sekolah
-   Mengecek daftar pengunjung setiap hari
-   Mengikuti senam pagi
-   Mengisi nilai siswa di buku Induk Siswa
-   Menjaga perpustakaan
-   Menyiapkan ruangan (laboratorium) untuk acara penarikan mahasiswa KKL



S

E

L

E

S

A

I

30
9 Maret 2015
-   Acara pelepasan atau penarikan Mahasiswa KKL
-   Serah Terima Mahasiswa KKL
SELESAI




Mengetahui,                                                                  SP. Padang,  Maret 2015
Mentor                                                                           Ketua Kelompok



SUARTI                                                                        MUHAMMAD DERI JUNIKO
NIP. 19621210 198303 2 008                                   NIM. 2011 131 044

Mengesahkan,                                                              Palembang,  Maret 2015
Kepala SMP N. 1 SP. Padang                                   Dosen Pembimbing



KAMRAN, S.Pd                                                          H. Rudi Asri, S.Pd., M.Si
NIP. 19720602 199802 1 005
















B.   Hasil
Setelah melakukan beberapa rangkaian- rangkaian kegiatan selama kurang lebih satu setengah bulan dalam melakukan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) maka penyusun dapat mengetahui serta memahami kegiatan- kegiatan administrasi sekolah khususnya di bidang administrasi perpustakaan  dan mengetahui masalah- masalah ataupun kekurangan yang ada di perpustakaan serta langkah- langkah apa saja yang penyusun lakukan untuk meminimalisir masalah- masalah yang dihadapi tersebut serta dapat berpartisipasi dan ikut serta menyelesaikan masalah- masalah yang ada di lapangan.
C.   Pembahasan
Administrasi Perpustakaan
1.    Ruang Perpustakaan
Ruang perpustakaan merupakan fasilitas atau sarana yang berbentuk tempat di sekolah yang bertujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar, melalui buku- buku yang telah disediakan. Untuk ruang perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah cukup memadai di perpustakaan ini telah tersedia buku- buku yang sesuai dengan kebutuhan perserta didik meskipun bukunya masih terbatas.
2.    Pengelolah Perpustakaan
Pengelolah memiliki peranan penting dalam perkembangan dalam perpustakaan. Pengelolah diharapkan bias berkoordinasi agar bisa memberikan yang terbaik bagi pengunjung dan sekolah.
Pengelolah perpustakaan SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah cukup baik, mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi perpustakaan, seperti memberikan suasana nyaman di perpustakaan, membuat tata tertib, dan berusaha melengkapi administrasi yang lain, seperti membuka buku induk perpustakaan, membuat kartu pengunjung, dan lain- lain.
3.    Kartu Pinjaman
Kartu pinjaman bertujuan untuk mengkoordinir buku- buku yang dipinjam oleh para siswa. Di SMP Negeri 1  Sirah Pulau Padang telah tersedia kartu pinjaman perpustakaan untuk para siswa agar lebih teratur dalam proses meminjam dan mengembalikan buku.
4.    Buku Induk Perpustakaan
Buku induk perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang telah tersedia dengan baik.
5.    Klasifikasi Buku
Klasifikasi buku di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah diatur dengan baik berdasarkan judul dan pengarang buku.
6.    Buku Peminjam
Buku peminjam di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang sudah ada dan terorganisasi dengan baik berdasarkan judul dan pengarang buku.
7.    Ruangan
Ruangan perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang berukuran sedang, terdapat rak buku, lemari, meja dan kursi. Di ruangan perpustakaan juga memiliki jendela dan pentilasi yang cukup sebagai siklus pergantian udara untuk kenyamanan selama berada di perpustakaan. Selain itu juga terdapat kipas angin dan televisi serta komputer untuk pengelolah perpustakaan.
8.    Kebersihan
Kebersihan perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang di jaga oleh pengelolah sekaligus pengunjung perpustakaan, dengan diadakannya pergantian piket setiap siswa yang berfungsi untuk mengkoordinir kebersihan di sekitar perpustakaan.
9.    Buku
Buku- buku di perpustakaan di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang masih terbatas dan perlu penambahan buku- buku paket sebagai penunjang siswa dalam belajar.













BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
Dari pelaksanaan kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Universitas PGRI Palembang di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang, maka penyusun dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1.    Dalam proses administrasi telah ada pembagian tugas yang telah diatur oleh pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah sebagai pimpinan.
2.    Dalam penggunaan dan pemanfaatan perpustakaan oleh siswa kurang efektif sehingga perpustakaan belum berfungsi dengan baik.
3.    Dalam perawatan kebersihan dan isi perpustakaan juga kurang baik sehingga perpustakaan terlihat tidak terawat dengan baik.
B.   Saran
Adapun saran yang dapat diberikan kepada sekolah antara lain:
1.    Agar perpustakaan dapat dimanfaatkan secara efektif, ada baiknya perpustakaan membuat jadwal kunjungan perpustakaan bagi tiap- tiap kelas dan wajib untuk dijalankan.
2.    Untuk menjaga kebersihan dan isi perpustakaan, sebaiknya pihak perpustakaan membuat jadwal piket perpustakaan bagi tiap- tiap kelas dan wajib untuk dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar