Rabu, 10 September 2025

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PBL KURIKULUM MERDEKA

 

MODUL AJAR

 

Description: C:\Users\LENOVO\AppData\Local\Packages\5319275A.WhatsAppDesktop_cv1g1gvanyjgm\TempState\CC1AA436277138F61CDA703991069EAF\WhatsApp Image 2025-06-06 at 22.38.52_160a729f.jpg

PENDIDIKAN PANCASILA

 

Disusun Oleh :

Nama               : Dedek Erja Juniarti, S.Pd

NIM                : 2513100675

Asal Sekolah   :  SMA Muhammadiyah 6 Palembang

LPTK              : Universitas Labuhanbatu (ULB)

 

 

LPTK UNIVERSITAS LABUHANBATU
PENDIDIKAN PROFESI GURU TERTENTU

TAHAP 1

TAHUN 2025

 

 

MODUL AJAR

1.      Informasi Umum

A.    Identitas Penyusun Modul

Nama Penyusun

Dedek Erja Juniarti, S.Pd

Asal Sekolah

SMA Muhammadiyah 6 Palembang

Mata Pelajaran

Pendidikan Pancasila

Jenjang Pendidikan

SMA

Fase

F

Kelas

XI

Tahun Ajaran

2025-2026

Semester

Gazal

Alokasi Waktu

2 x 45 Menit

Elemen

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu menganalisis periodisasi pemberlakuan undang-undang dasar di Indonesia; menganalisis perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; menunjukkan sikap demokratis berdasarkan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam era keterbukaan informasi; menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dan merumuskan solusi dari permasalahan tersebut

Profil Pelajar Pancasila

Gotong Ryong, Bernalar Kritis, dan Kreatif

Alat dan Bahan

Alat : Papan Tulis dan Spidol

Bahan : LKPD, Lembar Pengamatan Sikap dan Keterampilan, Karton, Kertas putih

Media Pembelajaran

Laptop, smartphone, Proyektor, aplikasi Google Forms

Mode Pembelajaran

Problem-Based Learning

Metode Pembelajaran

Ceramah, Diskusi Kelompok Dan Presentasi

Sikap

Tanggung jawab dan percaya diri

Materi Ajar

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Sumber Ajar

Pendidikan Pancasila SMA/SMK Kelas XI, Penerbit Erlangga : Yuyus Kardiman, dkk, gambar yang terkait dengan materi

 

 

 

 

B.       Komponen Inti

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menganalisis pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara menurut UUD NRI Tahun 1945

2.      Peserta didik dapat menganalisis melalui LKPD yang berisikan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara menurut Undang-Undang Dasar NRI Tahun 194

3.      Peserta didik dapat merumuskan solusi untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara secara kreatif, kritis dan inovatif

Pertanyaan Pemantik

1.    Apakah anda mengetahui apa itu hak dan kewajiban ?

2.    Apakah anda mengetahui contoh hak dan kewajiban ?

3.    Apakah anda mengetahui kasus pelanggaran hak dan kewaiban warga negara seperti membuang sampah sembarangan, tawuran dan merusak fasilitas umum ?

 

C.      Kegiatan Pembelajaran

1.    Pendahuluan

a.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

b.    Guru menanyakan kabar peserta didik

c.    Guru menyuruh siswa untuk perwakilan memimpin do’a

d.   Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu wajib national “Berkibarlah Benderaku”

e.    Guru bersama peserta didik melakukan Ice Breaking

f.     Sebelum belajar guru mengecek kebersihan kelas terlebih dahulu

g.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

h.    Guru menyampaikan apersepsi materi sebelumnya tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara

i.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

j.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran mengenai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

 

 

 

2.    Kegiatan Inti

1)   Orientasi peserta didik pada masalah

a)      Guru memberikan penjelasan materi pembelajaran mengenai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara melalui Microsoft Power Point

    

b)      Guru mengajukan pertanyaan kepada Peserta didik mengenai materi kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

2)   Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

a)    Guru bersama peserta didik membentuk kelompok. Masing-masing kelompok tediri dari 4-5 orang

b)   Peserta didik berdiskusi mencari sumber data dari buku ataupun internet untuk melengkapi informasi terkait dengan pertanyaan yang telah diberikan oleh guru

c)    Guru memantau peserta didik dalam pengumpulan data / bahan selama proses pembelajaran diskusi kelompok berlangsung

d)   Peserta didik menganalisis informasi dan data-data yang didapatkan dari berbagai sumber

3)   Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

a)    Guru membimbing pengerjaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan setiap kelompok siap untuk melakukan presentasi kedepan kelas

b)   Guru memantau peserta didik dalam menuangkan hasil diskusi

c)    Guru memberikan reward atau penghargaan saat peserta didik menampilkan hasil diskusi mengenai materi terkait kasus pelanggaran hak dan kewajiban warga negara berdasarkan UUD NRI Tahun 1945

4)   Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

a)    Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok lain memberikan tanggapan dan mengajukan pertanyaan

b)   Guru memberikan apresiasi dan penguatan terhadap hasil diskusi yang sudah di presentasikan oleh peserta didik

 

3.    Kegiatan Penutup

a)    Peserta didik dan guru menyimpulkan dari materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran

b)   Guru melakukan Asesmen akhir kepada peserta didik dengan menjawab soal melalui aplikasi Google Forms

  

c)    Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

d)   Guru menutup pelajaran dan berdo’a bersama

 

D.      Refleksi Pembelajaran

No.

Pertanyaan

1.

Bagaimanakah perasaan kalian setelah mempelajari materi pada hari ini ?

2.

Manfaat dan Hal apa saja yang kalian dapatkan setelah mempelajari materi hari ini ?

 

E.       Materi Pembelajaran

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD NRI Tahun 1945

Seperti yang kita ketahui, pada zaman sekarang telah banyak sekali orang yang melakukan pelanggaran hak, terutama pada anak-anak dan orang yang kurang mampu.  Seperti yang terjadi pada kasus anak-anak jalanan. Maraknya anak jalanan terjadi karena mereka tidak mendapatkan hak nya. SEPERTI: hak mereka untuk mendapatkan pendidikan. Putus sekolah merupakan faktor pemicu anak menjadi seorang anak jalanan yang diakibatkan faktor ekonomi.

Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara adalah tindakan yang merugikan hak asasi manusia dan melalaikan tanggung jawab sebagai warga negara. Pelanggaran hak terjadi ketika hak-hak dasar warga negara, seperti hak atas pendidikan, pekerjaan, dan keamanan, tidak terpenuhi atau dilanggar. Pengingkaran kewajiban terjadi ketika warga negara tidak memenuhi kewajiban mereka, seperti membayar pajak, menjaga ketertiban umum, atau membela negara.

 

A.  Factor penyebab kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara :  

1)   Faktor internal : faktor yang berasal dari dalam diri pelaku. Seperti: egoisme, rendahnya kesadaran dalam berbangsa dan bernegara, intoleran (tidak menghargai satu sama lain)

2)   Faktor eksternal : faktor yang berasal dari luar. Seperti : penyalahgunaan kekuasaan, ketidaktegasan aparat penegak hukum, penyalahgunaan teknologi, serta kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

 

B.       Di dalam masyarakat, sering ditemukan adanya pengingkaran kewajiban, antara lain sebagai berikut :

1.    Tidak membayar pajak pada waktunya

2.    Tidak mengikuti aturan sekolah

3.    Melakukan aksi terorisme

4.    Melakukan kekerasan yang berbau SARA

5.    Merusak lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    Contoh Kasus Pelanggaran hak dan kewajiban warga negara :

Description: Sebanyak 12 Juta Orang Indonesia Berpotensi Jatuh Miskin akibat Corona -  Makro Katadata.co.id 

D.    Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

1)      Kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga adalah anak disuruh bekerja/dipekerjakan.

2)      Kasus pelanggaran HAM di sekolah adalah oknum guru melakukan kekerasan fisik pada siswanya.

3)      Kasus pelanggaran HAM di masyarakat adalah pertikaian antarkelompok/antargeng, antarsuku (konflik sosial), dan antardaerah.

 

E.     Upaya pemerintah dalam penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

1)        Supremasi hukum dan demokrasi harus ditegakkan

2)        Mengoptimalkan lembaga-lembaga selain lembaga tinggi negara yang berwenang dalam penegakan hak dan kewajiban warga negara Meningkatkan kualitas pelayanan public

3)        Meningkatkan pengawasan dari masyarakat dab lembaga-lembaga politik Meningkatkan Penyebarluasan prinsip-prinsip kesadaran bernegara kepada masyarakat

4)        Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara

5)        Meningkatkan kerjasama yang harmonis antarkelompok atau golongan dalam masyarakat

 

F.     Kriteria untuk mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Bagaimana menilai ketercapaian tujuan pembelajaran

Assesmen Individu

Assesmen kelompok

 

Jenis Assesmen

 

Assesmen Non-Diagnostik Performa (Assesmen Formatif) Tertulis (Assesmen Sumatif)

 

 

I.      PENGAYAAN DAN REMEDIAL

a.    Pengayaan: peserta didik diminta belajar bersama teman sekelas yang masih mengalami hambatan belajar dengan menjadi tutor sebaya.

b.    Remedial: Peserta didik diminta mengerjakan ulang pada soal-soal yang belum dapat dikerjakan dengan baik pada soal remedial

 

II.  RUBRIK PENILAIAN

No.

Jenis Penilaian

Bentuk

1

Asesmen Diagnostik (awal pembelajaran)

1.    Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran

2.    Tanya jawab sebagai tindak lanjut

2.

Asesmen Formatif (Proses)

Penilaian proses, observasi sikap, lembar LKPD, performa berupa presentasi, pengetahuan, keterampilan selama dalam proses pembelajaran

3.

Asesmen Akhir

Melakukan post test melalui Google Forms

 

1.      A. Asesmen diagnostik Non Kognitif

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apa kabar hari ini ?

 

2.

Apakah sudah siap belajar hari ini ?

 

3.

Apakah kalian bersemangat hari ini ?

 

 

 

 

B. Asesmen Diagnostik Kognitif

Apakah anda mengetahui apa itu hak dan kewajiban ?”

“Apakah anda mengetahui contoh hak dan kewajiban ?”

“Apakah anda mengetahui kasus pelanggaran hak dan kewaiban warga negara seperti membuang sampah sembarangan, tawuran dan merusak fasilitas umum ?”

 

2.      Asesmen Formatif

a.         Penilaian Sikap

 

Penilaian sikap dilakukan melalui observasi pada peserta didik saat diskusi kelompok

 

Mata Pelajaran             : Pendidikan Pancasila

Kelas / Semester          : XII / Gazal

Tahun Pelajaran           : 2025 - 2026

Waktu Pengamatan     :

 

No.

Nama

Aspek yang dinilai

Jumlah Skor

Nilai Akhir

Gotong Royong

Bernalar Kritis

Kreatif

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan dilaksanakan melalui tes tertulis

 

KISI-KISI PENILAIAN PENGETAHUAN

Tujuan Pembelajaran

Indicator Soal

Butir Soal

Tingkat Kognitif

Bentuk Soal

1.     Peserta didik dapat menganalisis pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara menurut UUD NRI Tahun 1945

2.     Peserta didik dapat menganalisis melalui LKPD yang berisikan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara menurut Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945

3.     Peserta didik dapat merumuskan solusi untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara secara kreatif, kritis dan inovatif

Peserta didik mampu menganalisis faktor penyebab pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Analisislah faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara!

C4

Essay

Peserta didik mampu menganalisis dampak pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Analisislah bagaimana dampak pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara!

C4

Essay

Peserta didik mampu merumuskan solusi untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warg negara

 

Perhatikan gambar dibawah ini !

Description: Sejumlah Fasilitas Umum yang Rusak Akibat Unjuk Rasa Anarkis - Lontar.id

Analisislah bagaimana solusi untuk memecahkan masalah yang tertera pada gambar diatas!

C6

Essay

 

 

 

 

 

 

No.

Kunci Jawaban

Kriteria Skor

Bentuk Soal

Nilai

1.

Faktor internal : faktor yang berasal dari dalam diri pelaku. Seperti: egoisme, rendahnya kesadaran dalam berbangsa dan bernegara, intoleran (tidak menghargai satu sama lain)

 

Faktor eksternal : faktor yang berasal dari luar. Seperti : penyalahgunaan kekuasaan, ketidaktegasan aparat penegak hukum, penyalahgunaan teknologi, serta kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

 

-     Skor 4 apabila mampu menganalisis 1 faktor penyebab.

-     Skor 8 apabila mampu menganalisis 2 faktor penyebab.

-     Skor 12 apabila mampu menganalisis 3 faktor penyebab

-     Skor 16 apabila mampu menganalisis 4 faktor penyebab

-     Skor 20 apabila mampu menganalisis 5 faktor penyebab

 

Essay

30

2.

Dampak pelanggaran hak dan kewajiban warga negara :

1. Pelanggaran hak orang lain. 

2. Banyak kewajiban yang tidak dilakukan. 

3. Lebih banyak menuntut hak. 

4. Merugikan orang lain. 

5. Banyak tugas tidak terselesaikan. 

6. Merugikan lingkungan. 

7. Menjadi pemalas. 

 

-     Skor 4 apabila mampu menganalisis 1 dampak pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

-     Skor 8 apabila mampu menganalisis 2 dampak pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

-     Skor 12 apabila mampu menganalisis 3 dampak pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

-     Skor 16 apabila mampu menganalisis 4 dampak pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

-     Skor 20 apabila mampu menganalisis 5 dampak pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

 

Essay

30

 

Solusi dari gambar diats yaitu :

-  Melibatkan masyarakat dalam menjaga fasilitas umum agar tetap terjaga dan berfungsi dengan baik

-  Menegakkan secara tegas terhadap pelaku vandalism untuk memberikan efek jera kepada pelaku

-  Meningkatkan keamanan disekitar. Fasilitas umum dengan pemasangan CCTV, patrol keamanan, kerja sama antarmasyarakat

 

-     Skor 4 apabila mampu menganalisis 1 solusi pemecahan masalah

-     Skor 8 apabila mampu menganalisis 2 solusi pemecahan masalah

-     Skor 12 apabila mampu menganalisis 3 solusi pemecahan masalah

-     Skor 16 apabila mampu menganalisis 4 solusi pemecahan masalah

-     Skor 20 apabila mampu menganalisis 5 solusi pemecahan masalah

 

Essay

40

Skor Maksimal = 100

 

 

 

 

 

 

 

 

c.    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan dilakukan pada saat peserta didik melakukan presentasi

 

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila

Kelas / Semester     : XI/ Gazal

Pelajaran                 : Tahun 2024 / 2025

Waktu Pengamatan            :

 

No.

Nama

Aspek Yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Sistematika Presentasi

Penggunaan Bahasa

Ketepatan Informasi

Kejelasan Artikulasi

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

Aspek Yang Dinilai

Skor

1

2

3

4

Sistematika Presentasi

Materi presentasi yang disajikan tidak runtut dan tidak sistematis

Materi presentasi yang disajikan kurang runtut dan tidak sistematis

Materi presentasi yang disajikan secara runtut tetapi kurang sistematis

 

Materi presentasi yang disajikan secara runtut dan sistematis 

Penggunaan Bahasa

Bahasa yang digunakan tidak mudah dipahami

Bahasa yang digunakan kurang mudah dipahami

Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami

 

Bahasa yang digunakan mudah dipahami

Ketepatan Informasi

Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat

Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat

 

Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang cukup tepat

Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat

Kejelasan Artikulasi

Penyampaian materi disajikan dengan artikulasi yang tidak tepat

Penyampaian materi disajikan dengan artikulasi yang kurang tepat

 

Penyampaian materi disajikan dengan artikulasi yang cukup tepat

Penyampaian materi disajikan dengan artikulasi yang tepat

 

Petunjuk Penskoran :

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

                Nilai Peserta Didik =

 

3.      Asesmen Akhir

Asesmen akhir berupa tes tertulis, berbentuk post test kuis Yang pada pembelajaran ini peserta didik melakukan post test menggunakan Google Forms yang terdiri dari 4 soal pertanyaan

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM REMEDIAL

 

Sekolah                                         : SMA Muhammadiyah 6 Palembang

Kelas / Semester                            : XII / Gazal

Mata Pelajaran                              : Pendidikan Pancasila

Ulangan Harian-ke                        :

Tanggal Ulangan Harian

Bentuk Soal Ulangan Harian        : Uraian

Materi Ulangan Harian                 : Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Rencana Ulangan Remedial          :

KKM                                             : 75

 

No.

Nama Siswa

Nilai Ulangan

Indikator Yang Tidak Dikuasai

Bentuk Pelaksanaan Remedial

Nomor Soal Yang Dikerjakan

Nilai

Ket.

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PENGAYAAN

 

Sekolah                                         : SMA Muhammadiyah 6 Palembang

Kelas / Semester                            : XII / Gazal

Mata Pelajaran                              : Pendidikan Pancasila

Ulangan Harian-ke                        :

Tanggal Ulangan Harian

Bentuk Soal Ulangan Harian        : Uraian

Materi Ulangan Harian                 : Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Rencana Ulangan Pengayaan        :

KKM                                             : 75

 

No.

Nama Siswa

Nilai Ulangan

Bentuk Pengayaan

1

 

 

Carilah 1 kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia ! Kemudian lakukan analisis kasus tersebut beserta penyelesaiannya !

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

7

 

 

8

 

 

9

 

 

10

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                      Palembang,     Juli 2025

Kepala SMA Muh 6 Plg                                                      Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Muhammad Fadhil, M.Pd                                                 Dedek Erja Juniarti, S.Pd

NBM. 1072. 299                                                                           NBM. 1451.915

 

 

Description: C:\Users\LENOVO\Downloads\Sampul Buku Lembar Kerja Peserta Didik Ilustratif Biru dan Hijau.jpg

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Sekolah                       : SMA Muhammadiyah 6 Palembang

Kelas / Semester          : XII / Gazal

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila

Materi Pokok              : Kasus Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD 1945

 


A.  Petunjuk Pengerjaan Tugas:

1.    Siapkan alat tulis dan smartphone

2.    Baca dan pahamilah kasus pelanggaran yang telah disediakan

3.    Jawablah pertanyaan secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab

4.    Carilah referensi dari berbagai sumber (Buku, Internet dan Sumber lainnya)

5.    Tulislah nama kelompok beserta kelas

6.    Presentasikan didepan kelas secara berkelompok

 

B.  Tujuan Pembelajaran

1.    Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dengan tepat.

2.    Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dengan sistematis dan artikulasi yang jelas.

 

C.  Langkah-langkah Pengerjaan Tugas

Diskusikanah secara berkelompok mengenai pertanyaan yang berkaitan dengan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara sebagaimana diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Kemudian tuliskan hasil diskusi dilembar kertas yang telah disediakan

 

Perhatikan Gambar Dibawah Ini !

Description: Maraknya Tawuran Pelajar dan Wajah Pendidikan di Indonesia - Kompasiana.com

Berdasarkan gambar diatas, silakan anda analisis :

1.     Kasus apa yang terjadi pada gambar tersebut ?

2.     Analisislah 3 faktor penyebab hak dan pengingkaran kewajiban warga negara berdasarkan kasus yang kalian dapatkan !

3.     Analisislah bagaimana cara kalian untuk menghindari agar tidak melakukan pelanggaran tersebut ? jelaskan solusinya minimal 3 !

 

 

 

 

 

 

Perhatikan Gambar Dibawah Ini !

Description: Sejumlah Fasilitas Umum yang Rusak Akibat Unjuk Rasa Anarkis - Lontar.id

Berdasarkan gambar diatas, silakan anda analisis :

1.     Kasus apa yang terjadi pada gambar tersebut ?

2.     Analisislah 3 faktor penyebab hak dan pengingkaran kewajiban warga negara berdasarkan kasus yang kalian dapatkan !

3.     Analisislah bagaimana cara kalian untuk menghindari agar tidak melakukan pelanggaran tersebut ? jelaskan solusinya minimal 3 !

 

 

 

 

 

Perhatikan Gambar Dibawah Ini !

Description: Pelanggaran Lalu Lintas yang Sering Dilakukan

Berdasarkan gambar diatas, silakan anda analisis :

1.     Kasus apa yang terjadi pada gambar tersebut ?

2.     Analisislah 3 faktor penyebab hak dan pengingkaran kewajiban warga negara berdasarkan kasus yang kalian dapatkan !

3.     Analisislah bagaimana cara kalian untuk menghindari agar tidak melakukan pelanggaran tersebut ? jelaskan solusinya minimal 3 !

 

 

 

 

Nama Kasus        :

Nama Kelompok          :        1.

                                      2.

                                      3.

                                      4.

                                      5.

                                      6.

                                      7.

                                      8.

                                      9.

                                      10.

 

Tuliskan jawaban hasil diskusi, dilembar kerja berikut ini !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PBL KURIKULUM MERDEKA

  MODUL AJAR   PENDIDIKAN PANCASILA   Disusun Oleh : Nama                : Dedek Erja Juniarti, S.Pd NIM                 : 2...