Jumat, 05 September 2025

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam

 

Nama Sekolah           : SD Negeri 1 Sirah Pulau Padang

Kelas/Semester         : 4/II

Mata Pelajaran         : IPAS

Alokasi waktu (JP)    : 1 JP (35 Menit)

 

A.    Identitas Peserta didik

Peserta didik memiliki pengetahuan dasar yang bervariasi mengenai isu-isu lingkungan, perlu memiliki kesadaran perannya terhadap keseimbangan ekosistem, menunjukkan minat tinggi dalam kegiatan berbasis proyek

B.     Identitas Materi Pembelajaran

Materi ekosistem dapat mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Materi ini dirancang relevan dengan kehidupan nyata, seperti memahami dampak aktivitas manusia terhadap ekosistem sungai, serta aplikatif melalui kegiatan seperti proyek pengelolaan sampah.

C.    Dimensi Profil Lulusan

1.      Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME

v

2.      Kewargaan

 

3.      Penalaran Kritis

 

4.      Kreativitas

v

5.      Kolaborasi

v

6.      Kemandirian

 

7.      Kesehatan

 

8.      Komunikasi

v

 

D.    Capaian Pembelajaran

Peserta didik menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya.

 

E.     Topik Pembelajaran

Peran Manusia dalam Menjaga Ekosistem

Peserta didik menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya.

F.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

       Memahami pentingnya keanekaragaman hayati dalam ekosistem

       Mengidentifikasi dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan ekosistem

       Melaksanakan proyek kreatif berbasis solusi lingkungan untuk mencegah pencemaran pada ekosistem

G.    Praktik Pedagogis

       Pembelajaran Berbasis Proyek

       Diskusi kelompok, eksplorasi lapangan, wawancara, dan presentasi

H.    Mitra Pembelajaran

       Komunitas Peduli Sungai Komering

       Pengelola Bank Sampah Sungai Komering

       Masyarakat Sekitar Sungai Komering

I.       Lingkungan Pembelajaran

       Ruang Fisik: lingkungan di sekitar Sungai Komering

       Ruang Kelas:  untuk diskusi dengan teman

       Budaya Belajar: kolaboratif, berpartisipasi aktif, dan rasa ingin tahu

J.       Pemanfaatan Digital

       Perencanaan: Media Sosial

       Pelaksanaan: pertemuan luring di dalam kelas dan berangkat menuju ke lokasi sungai. (Mendokumentasikan kegiatan di lapangan)

       Asesmen: asesmen awal dan asesmen formatif.

K.    Langkah-langkah Pembelajaran

                I.            Awal (Berkesadaran, Bermakna)

1.      Guru membuka pelajaran dengan salam, doa bersama, dan sapaan ramah untuk menciptakan suasana positif

2.      Guru menerapkan teknik permainan pemusatan konsentrasi

3.      Guru memulai dengan video singkat perbedaan kondisi sungai yang bersih dan tercemar

4.      Guru memberikan pertanyaan pemantik “Bagaimana kondisi makhluk hidup pada kedua sungai tersebut?ˮ untuk menstimulasi empati peserta didik

5.      Peserta didik melakukan literasi melalui bahan bacaan pada websites tentang Sungai Komering yang Tercemar

6.      Guru tanya jawab dengan peserta didik mengenai bahan bacaan untuk menumbuhkan kesadaran pencemaran sungai akibat sampah sehingga berdampak pada kondisi makhluk hidup di sungai

“Apa penyebab terjadinya pencemaran sungai?ˮ

“Apakah sungai yang tercemar mempengaruhi kondisi makhluk hidup di sana?ˮ

7.      Memaparkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan menghubungkan dengan peran peserta didik "Apa yang bisa kita lakukan untuk melestarikan sungai kita?"

 

             II.            Inti (Bermakna, Menggembirakan)

Memahami

1.      Berdiskusi, membaca artikel, eksplorasi sumber informasi pada buku, e-book, artikel, dan websites melalui internet tentang keanekaragaman hayati dan ekosistem sungai

a. Apa definisi ekosistem?

b. Apa saja macam-macam ekosistem?

c. Apa definisi keanekaragaman hayati?

d. Mengapa keanekaragaman hayati penting bagi kelangsungan ekosistem?

e. Apakah aktivitas manusia mempengaruhi kelangsungan ekosistem sungai?

2.      Membuat peta konsep tentang ekosistem, keanekaragaman hayati, dan kelangsungan ekosistem sungai

 

Mengaplikasi

1.      Peserta didik melakukan kunjungan lapangan ke Sungai Komering untuk mengidentifikasi masalah kelangsungan ekosistem sungai

2.      Peserta didik melakukan interview dengan masyarakat di sekitar sungai Komering

3.      Peserta didik menyimak penjelasan dari Komunitas Peduli Komering dan Pengelola Bank Sampah

4.      Guru dan narasumber menumbuhkan kesadaran kepada Peserta didik tercemarnya sungai akibat sampah yang tidak dikelola dengan baik

5.      Peserta didik berdiskusi dengan teman melalui dan guru pendamping untuk merancang proyek pengelolaan sampah

6.      Peserta didik mengembangkan proyek pengelolaan sampah di sekolah contohnya: membuat tempat sampah berdasarkan jenisnya, ecobrick, 3R, bank sampah, dan sebagainya (dilakukan diferensiasi produk/ide)

 

Merefleksi (berkesadaran, bermakna)

1.      Peserta didik melakukan uji coba proyek dan atau mempresentasikan hasil proyeknya

2.      Peserta didik mendapatkan umpan balik dari teman, guru, dan salah satu narasumber dari Komunitas Peduli Komering dan Pengelola Bank Sampah

3.      Peserta didik membuat jurnal refleksi individu terhadap proyek yang telah dilakukan

4.      Peserta didik melakukan evaluasi diri terhadap pencapaian tujuan pembelajaran

5.      Peserta didik menemukan solusi dan atau peran lanjutan mereka setelah belajar

 

          III.            Penutup (Berkesadaran)

1.      Guru dan Peserta didik menyimpulkan pembelajaran

2.      Guru mengajak peserta didik merencanakan pembelajaran selanjutnya dan strategi belajar yang akan digunakan (contoh: topik yang akan dipelajari, mitra yang akan diundang, eksperimen yang akan dilakukan, sumber/media pembelajaran yang digunakan)

3.      Guru memuliakan peserta didik dengan menghargai pencapaian proyeknya

L.     Asesmen Pembelajaran

                I.            Awal Pembelajaran

Kuis singkat pengetahuan awal tentang ekosistem dan hubungannya dengan aktivitas manusia

             II.            Proses Pembelajaran

Peta konsep, presentasi, asesmen proyek pengelolaan sampah

          III.            Akhir Pembelajaran

Jurnal Refleksi, tes tulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PBL KURIKULUM MERDEKA

  MODUL AJAR   PENDIDIKAN PANCASILA   Disusun Oleh : Nama                : Dedek Erja Juniarti, S.Pd NIM                 : 2...