Sabtu, 24 Mei 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA Kelas X FOR MICRO TEACHING



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Sirah Pulau Padang
Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas / Semester          : X / 1 (Satu)
Standar Kompetensi   : 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar       : 3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional,
kolonial dan modern.
Indikator                     : 1. Menganalisis pengertian historiografi, ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern.
Alokasi Waktu            : 1 X 10 Menit (1 x Pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Mendeskripsikan fase- fase perkembangan historiografi Indonesia.
B.     Materi Pembelajaran
1.      Historiografi Indonesia
·         Historiografi tradisional
·         Historiografi kolonial
·         Historiografi modern
C.    Metode / Model Pembelajaran
Ø  Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Penugasan
Ø  Model Pembelajaran
1.      Pembelajaran secara langsung
D.    Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
Metode

1
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
F Mengucapkan Salam
F Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas


1’ Menit


Ceramah
Ceramah

2
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Guru meminta siswa untuk memperhatikan layar infokus
F Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang pengertian historiografi Indonesia dan perkembangannya beserta contoh
b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F Siswa menyebutkan salah satu ciri- ciri dari historiografi Indonesia
F Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, dan menyelesaikan masalah
c.    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa


7’ Menit


Ceramah













Tanya Jawab
3
Penutup
F Guru menyimpulkan materi pembelajaran
F Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa

2’ Menit

Ceramah
Penugasan


E.     Media / Sumber
Ø  Media :
1.      Power Point
Ø  Sumber Bahan :
1.      Badrika, Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
2.      Hapsari, Ratna. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Menganalisis pengertian historiografi, ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern.
Penugasan
Tes Uraian

Tugas rumah
·      Apa yang dimaksud dengan Historiografi Indonesia ?
·      Sebutkan beberapa ciri- ciri Historiografi Tradisional?
·      Jelaskan perbedaan Historiografi Kolonial dengan Historiografi Modern beserta contohnya?


Ø  Pedoman Skor
No
Instrumen
Tingkat Kesukaran
Bobot
Mudah
Sedang
Sukar
1

2
3
Apa yang dimaksud dengan Historiografi Indonesia ?
Sebutkan beberapa ciri- ciri Historiografi Tradisional?
Jelaskan perbedaan Historiografi Kolonial dengan Historiografi Modern beserta contohnya?
ü   


ü   



ü   
15 %

35 %
50 %

JUMLAH
                                                             100 %



Mengetahui,                                                                                       Senin, 5 Mei 2014
Dosen Penilai                                                                                     Guru IPS


(Muhammad Idris, M.Pd)       (Dina Sri Nindiati, M.Si)          (Muhammad Deri Juniko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar