RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 2 Sirah Pulau Padang
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X
/ 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional,
kolonial dan modern.
Indikator : 1. Menganalisis pengertian historiografi, ciri
pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern.
Alokasi
Waktu : 1 X 10 Menit (1 x Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Mendeskripsikan fase- fase perkembangan historiografi
Indonesia.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Historiografi
Indonesia
·
Historiografi
tradisional
·
Historiografi kolonial
·
Historiografi modern
C.
Metode / Model Pembelajaran
Ø Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
Jawab
3. Penugasan
Ø Model
Pembelajaran
1. Pembelajaran secara
langsung
D.
Langkah
–Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
F Mengucapkan Salam
F Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas
|
1’ Menit
|
Ceramah
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi:
F Guru
meminta siswa untuk memperhatikan layar infokus
F Guru
menjelaskan materi pembelajaran tentang pengertian historiografi Indonesia dan perkembangannya
beserta contoh
b.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
F Siswa menyebutkan salah satu ciri- ciri dari
historiografi Indonesia
F Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir,
menganalisis, dan menyelesaikan masalah
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
|
7’ Menit
|
Ceramah
Tanya
Jawab
|
3
|
Penutup
F Guru menyimpulkan materi pembelajaran
F Guru
memberikan pekerjaan rumah
kepada siswa
|
2’ Menit
|
Ceramah
Penugasan
|
E.
Media
/
Sumber
Ø Media :
1. Power Point
Ø Sumber Bahan :
1. Badrika, Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X.
Jakarta: Erlangga
2. Hapsari, Ratna. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA/MA
Kelas X. Jakarta: Erlangga
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menganalisis pengertian historiografi, ciri pembeda antara historiografi
tradisional, kolonial, dan modern.
|
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas rumah
|
·
Apa yang dimaksud dengan Historiografi Indonesia ?
·
Sebutkan beberapa ciri- ciri Historiografi Tradisional?
·
Jelaskan perbedaan Historiografi Kolonial dengan Historiografi Modern
beserta contohnya?
|
Ø Pedoman
Skor
No
|
Instrumen
|
Tingkat Kesukaran
|
Bobot
|
||
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||
1
2
3
|
Apa yang dimaksud dengan Historiografi Indonesia ?
Sebutkan beberapa ciri- ciri Historiografi Tradisional?
Jelaskan perbedaan Historiografi Kolonial dengan Historiografi Modern
beserta contohnya?
|
ü
|
ü
|
ü
|
15 %
35 %
50 %
|
JUMLAH
|
100 %
|
Mengetahui, Senin,
5 Mei 2014
Dosen Penilai Guru
IPS
(Muhammad Idris, M.Pd) (Dina Sri Nindiati, M.Si) (Muhammad
Deri Juniko)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar