Jurnal Pembelajaran Terintegrasi PSE
Informasi Umum
Mata Pelajaran: IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)
Kelas/Fase: V / Fase C
Topik: Seperti Apakah Budaya Daerahku?
Subtopik: Keberagaman budaya dan pentingnya saling menghargai
Kurikulum: Kurikulum Merdeka
Tanggal: [Diisi sesuai pelaksanaan]
Waktu: 2 JP (70 menit)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal dan menjelaskan keberagaman budaya
yang ada di daerahnya dan di daerah lain.
2. Siswa mampu menunjukkan sikap saling menghargai terhadap perbedaan budaya.
3. Siswa dapat mengelola rasa ingin tahu dan antusias terhadap budaya dengan
cara positif.
4. Siswa menunjukkan empati dan keterbukaan terhadap tradisi berbeda.
B. Capaian Pembelajaran IPAS Fase C
Lingkup Materi: Sosial - Budaya
- Menjelaskan keberagaman sosial dan budaya masyarakat Indonesia.
- Menunjukkan rasa bangga terhadap budaya lokal dan menghargai budaya daerah
lain.
C. Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan
- Berkebinekaan global
- Bergotong-royong
- Beriman dan berakhlak mulia
- Mandiri
- Kreatif
- Reflektif terhadap emosi dan sosial
D. Integrasi Kompetensi Sosial Emosional (PSE)
Domain PSE |
Kegiatan dalam Pembelajaran |
Kesadaran Diri |
Siswa merefleksikan perasaan dan nilai-nilai dalam budayanya. |
Manajemen Diri |
Siswa mengekspresikan antusiasme belajar budaya secara tertib dan positif. |
Kesadaran Sosial |
Siswa menunjukkan empati terhadap budaya daerah lain. |
Keterampilan Sosial |
Siswa bekerja dalam kelompok budaya dan mendengarkan pendapat teman. |
Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab |
Siswa membuat kesepakatan menghargai budaya dan tidak mencemooh perbedaan. |
E. Rangkaian Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit):
·
- Guru menyapa siswa dengan hangat dan
menunjukkan gambar-gambar budaya (baju adat, tarian, rumah adat).
- Ice breaking: “Apa budaya daerahmu yang paling kamu sukai?”
- Siswa diminta memilih emotikon untuk mengekspresikan perasaan mereka terhadap
budaya masing-masing.
Tujuan: Mengembangkan kesadaran diri
dan kebanggaan terhadap budaya sendiri
2. Kegiatan Inti (50 menit):
·
- Aktivitas 1 – Pameran Mini Budaya: Siswa
menyajikan 1 elemen budaya dalam kelompok.
- Aktivitas 2 – Empati Lintas Budaya: Diskusi dan refleksi dari video budaya
daerah lain.
- Aktivitas 3 – Deklarasi Budaya Kelas: Komitmen menghargai dan melestarikan budaya.
3. Penutup (10 menit):
·
- Refleksi perasaan terhadap keberagaman budaya.
- Menuliskan satu tindakan sederhana untuk menjaga atau menghargai budaya.
F. Refleksi Guru
Aspek Refleksi |
Catatan |
Keterlibatan Siswa |
Siswa sangat antusias mempresentasikan budaya mereka. |
Ekspresi Sosial Emosional |
Siswa lebih terbuka berbagi perasaan tentang perbedaan budaya. |
Tantangan |
Beberapa siswa belum bisa menyampaikan empati secara mendalam. |
Tindak Lanjut |
Melatih ekspresi empati lewat cerita dan drama budaya. |
G. Dokumentasi
- Foto kegiatan pameran mini budaya
- Hasil karya poster budaya
- Deklarasi Budaya Kelas
- Refleksi siswa secara tertulis (bisa ditempel di sudut budaya kelas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar