Senin, 18 Agustus 2025

Jurnal pembelajaran sederhana yang terintegrasi pembelajaran sosial emosioanl (pse)

 

Jurnal Pembelajaran Terintegrasi PSE

Informasi Umum

Mata Pelajaran: IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)

Kelas/Fase: V / Fase C

Topik: Seperti Apakah Budaya Daerahku?

Subtopik: Keberagaman budaya dan pentingnya saling menghargai

Kurikulum: Kurikulum Merdeka

Tanggal: [Diisi sesuai pelaksanaan]

Waktu: 2 JP (70 menit)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengenal dan menjelaskan keberagaman budaya yang ada di daerahnya dan di daerah lain.
2. Siswa mampu menunjukkan sikap saling menghargai terhadap perbedaan budaya.
3. Siswa dapat mengelola rasa ingin tahu dan antusias terhadap budaya dengan cara positif.
4. Siswa menunjukkan empati dan keterbukaan terhadap tradisi berbeda.

B. Capaian Pembelajaran IPAS Fase C

Lingkup Materi: Sosial - Budaya
- Menjelaskan keberagaman sosial dan budaya masyarakat Indonesia.
- Menunjukkan rasa bangga terhadap budaya lokal dan menghargai budaya daerah lain.

C. Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan

- Berkebinekaan global
- Bergotong-royong
- Beriman dan berakhlak mulia
- Mandiri
- Kreatif
- Reflektif terhadap emosi dan sosial

D. Integrasi Kompetensi Sosial Emosional (PSE)

Domain PSE

Kegiatan dalam Pembelajaran

Kesadaran Diri

Siswa merefleksikan perasaan dan nilai-nilai dalam budayanya.

Manajemen Diri

Siswa mengekspresikan antusiasme belajar budaya secara tertib dan positif.

Kesadaran Sosial

Siswa menunjukkan empati terhadap budaya daerah lain.

Keterampilan Sosial

Siswa bekerja dalam kelompok budaya dan mendengarkan pendapat teman.

Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab

Siswa membuat kesepakatan menghargai budaya dan tidak mencemooh perbedaan.

E. Rangkaian Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan (10 menit):

·         - Guru menyapa siswa dengan hangat dan menunjukkan gambar-gambar budaya (baju adat, tarian, rumah adat).
- Ice breaking: “Apa budaya daerahmu yang paling kamu sukai?”
- Siswa diminta memilih emotikon untuk mengekspresikan perasaan mereka terhadap budaya masing-masing.
  Tujuan: Mengembangkan kesadaran diri dan kebanggaan terhadap budaya sendiri

2. Kegiatan Inti (50 menit):

·         - Aktivitas 1 – Pameran Mini Budaya: Siswa menyajikan 1 elemen budaya dalam kelompok.
- Aktivitas 2 – Empati Lintas Budaya: Diskusi dan refleksi dari video budaya daerah lain.
- Aktivitas 3 – Deklarasi Budaya Kelas: Komitmen menghargai dan melestarikan budaya.

3. Penutup (10 menit):

·         - Refleksi perasaan terhadap keberagaman budaya.
- Menuliskan satu tindakan sederhana untuk menjaga atau menghargai budaya.

F. Refleksi Guru

Aspek Refleksi

Catatan

Keterlibatan Siswa

Siswa sangat antusias mempresentasikan budaya mereka.

Ekspresi Sosial Emosional

Siswa lebih terbuka berbagi perasaan tentang perbedaan budaya.

Tantangan

Beberapa siswa belum bisa menyampaikan empati secara mendalam.

Tindak Lanjut

Melatih ekspresi empati lewat cerita dan drama budaya.

G. Dokumentasi

- Foto kegiatan pameran mini budaya
- Hasil karya poster budaya
- Deklarasi Budaya Kelas
- Refleksi siswa secara tertulis (bisa ditempel di sudut budaya kelas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PBL KURIKULUM MERDEKA

  MODUL AJAR   PENDIDIKAN PANCASILA   Disusun Oleh : Nama                : Dedek Erja Juniarti, S.Pd NIM                 : 2...