Sabtu, 30 Agustus 2025

Jurnal pembelajaran terdiferensiasi pada mata pelajaran ipas

 

JURNAL PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI
Mata Pelajaran: IPAS Kelas 5 Sekolah Dasar

A. Identitas Jurnal


Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) 
Kelas/Semester   : V / Genap 
Alokasi Waktu    : 2 x 35 menit 
Topik/Tema       : Ekosistem dan Lingkungan 

B. Capaian Pembelajaran (CP) & Tujuan Pembelajaran (TP)


Capaian Pembelajaran (CP): 
Peserta didik mampu memahami konsep dasar ekosistem, hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungannya, serta dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan alam. 

Tujuan Pembelajaran (TP): 
1. Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem. 
2. Menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem (rantai makanan dan jaring-jaring makanan). 
3. Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan sederhana. 

C. Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi


1. Diferensiasi Konten: 
   - Peserta didik dengan kemampuan tinggi diberikan bacaan tambahan tentang ekosistem dunia. 
   - Peserta didik dengan kemampuan sedang menggunakan buku teks utama. 
   - Peserta didik dengan kemampuan rendah diberikan media visual/gambar. 

2. Diferensiasi Proses: 
   - Diskusi kelompok berdasarkan minat (visual, verbal, praktik). 
   - Kegiatan eksperimen sederhana: mengamati ekosistem sekitar sekolah. 

3. Diferensiasi Produk: 
   - Peserta didik membuat laporan tertulis, poster, atau presentasi lisan. 

4. Diferensiasi Lingkungan Belajar: 
   - Belajar di luar kelas (observasi lapangan). 
   - Pembelajaran klasikal di dalam kelas dengan bantuan media. 

D. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit): 
   - Guru membuka pelajaran dengan salam, doa, dan apersepsi. 
   - Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 
   - Memberikan pertanyaan pemantik terkait ekosistem. 

2. Kegiatan Inti (50 menit): 
   a. Eksplorasi 
      - Peserta didik mengamati gambar/video tentang ekosistem. 
      - Guru membimbing diskusi tentang komponen ekosistem. 

   b. Elaborasi 
      - Peserta didik melakukan observasi di sekitar sekolah. 
      - Diskusi kelompok sesuai diferensiasi minat dan gaya belajar. 
      - Mempresentasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan/poster.  

   c. Konfirmasi 
      - Guru memberikan umpan balik dan klarifikasi. 
      - Peserta didik membuat kesimpulan bersama. 

3. Kegiatan Penutup (10 menit): 
   - Refleksi pembelajaran: siswa menuliskan hal yang dipahami dan yang masih sulit. 
   - Guru memberikan motivasi dan tindak lanjut. 

E. Media dan Sumber Belajar


Media: Gambar, video ekosistem, papan tulis, poster. 
Sumber Belajar: Buku IPAS Kelas 5, lingkungan sekitar sekolah, internet yang relevan. 

F. Asesmen / Penilaian


1. Asesmen Diagnostik: Pertanyaan awal tentang pengalaman siswa mengenai lingkungan. 
2. Asesmen Formatif: Lembar kerja siswa, hasil diskusi kelompok. 
3. Asesmen Sumatif: Presentasi/poster/laporan hasil observasi. 

G. Refleksi Guru dan Siswa


Refleksi Guru: 
- Menilai ketercapaian tujuan pembelajaran. 
- Mencatat strategi diferensiasi yang efektif. 
- Merencanakan tindak lanjut bagi siswa yang mengalami kesulitan. 

Refleksi Siswa: 
- Menuliskan pengalaman belajar, hal yang dipahami, dan kesulitan yang dialami. 

H. Lampiran


Contoh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): 
1. Identifikasi komponen biotik dan abiotik di sekitar sekolah. 
2. Buatlah rantai makanan sederhana berdasarkan hasil observasi. 
3. Tuliskan tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PBL KURIKULUM MERDEKA

  MODUL AJAR   PENDIDIKAN PANCASILA   Disusun Oleh : Nama                : Dedek Erja Juniarti, S.Pd NIM                 : 2...