JURNAL PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI
Mata Pelajaran: IPAS Kelas 5 Sekolah Dasar
A. Identitas Jurnal
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial (IPAS)
Kelas/Semester : V / Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Topik/Tema : Ekosistem dan
Lingkungan
B. Capaian Pembelajaran (CP) & Tujuan Pembelajaran (TP)
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu memahami konsep dasar ekosistem, hubungan antarmakhluk
hidup dengan lingkungannya, serta dampak aktivitas manusia terhadap
keseimbangan alam.
Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem.
2. Menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem (rantai makanan dan jaring-jaring
makanan).
3. Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan
sederhana.
C. Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi
1. Diferensiasi Konten:
- Peserta didik dengan kemampuan
tinggi diberikan bacaan tambahan tentang ekosistem dunia.
- Peserta didik dengan kemampuan
sedang menggunakan buku teks utama.
- Peserta didik dengan kemampuan
rendah diberikan media visual/gambar.
2. Diferensiasi Proses:
- Diskusi kelompok berdasarkan minat
(visual, verbal, praktik).
- Kegiatan eksperimen sederhana:
mengamati ekosistem sekitar sekolah.
3. Diferensiasi Produk:
- Peserta didik membuat laporan
tertulis, poster, atau presentasi lisan.
4. Diferensiasi Lingkungan Belajar:
- Belajar di luar kelas (observasi
lapangan).
- Pembelajaran klasikal di dalam kelas
dengan bantuan media.
D. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam,
doa, dan apersepsi.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberikan pertanyaan pemantik
terkait ekosistem.
2. Kegiatan Inti (50 menit):
a. Eksplorasi
- Peserta didik mengamati
gambar/video tentang ekosistem.
- Guru membimbing diskusi tentang
komponen ekosistem.
b. Elaborasi
- Peserta didik melakukan observasi
di sekitar sekolah.
- Diskusi kelompok sesuai
diferensiasi minat dan gaya belajar.
- Mempresentasikan hasil pengamatan
dalam bentuk laporan/poster.
c. Konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik dan
klarifikasi.
- Peserta didik membuat kesimpulan
bersama.
3. Kegiatan Penutup (10 menit):
- Refleksi pembelajaran: siswa
menuliskan hal yang dipahami dan yang masih sulit.
- Guru memberikan motivasi dan tindak
lanjut.
E. Media dan Sumber Belajar
Media: Gambar, video ekosistem, papan tulis, poster.
Sumber Belajar: Buku IPAS Kelas 5, lingkungan sekitar sekolah, internet yang
relevan.
F. Asesmen / Penilaian
1. Asesmen Diagnostik: Pertanyaan awal tentang pengalaman siswa mengenai
lingkungan.
2. Asesmen Formatif: Lembar kerja siswa, hasil diskusi kelompok.
3. Asesmen Sumatif: Presentasi/poster/laporan hasil observasi.
G. Refleksi Guru dan Siswa
Refleksi Guru:
- Menilai ketercapaian tujuan pembelajaran.
- Mencatat strategi diferensiasi yang efektif.
- Merencanakan tindak lanjut bagi siswa yang mengalami kesulitan.
Refleksi Siswa:
- Menuliskan pengalaman belajar, hal yang dipahami, dan kesulitan yang dialami.
H. Lampiran
Contoh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD):
1. Identifikasi komponen biotik dan abiotik di sekitar sekolah.
2. Buatlah rantai makanan sederhana berdasarkan hasil observasi.
3. Tuliskan tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan
ekosistem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar