MODUL AJAR
KONSELING INDIVIDU
Upaya Untuk Berhenti Merokok
Tahun Ajaran 2024/2025
Di susun oleh
NAMA
NIM
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING INDIVIDU
SEMESTRER GENAP TAHUN 2024/2025
UPAYA BERHENTI MEROKOK
Komponen : Layanan Dasar
Bidang Layanan : Pribadi
Strategi layanan : konseling individu
Topik/ Tema Layanan : Upaya Berhenti Merokok
Aspek : Pengembangan Pribadi
Perkembangan/skkpd,metode : Behavior Therapy tehnik Self Management
Alat : LKPD
Kelas Dan Semester : IX (Semester II)
Alokasi Waktu : 30 Menit
Capaian layanan : peserta didik mampu melakukan aktivitas
keseharian untuk mengembangkan potensi dan
juga hobi yang dimilikinya , memiliki suatu nilai
yang positif di dalam dirinya, dan juga
mempunyai karakter yang kejujuran dan
tanggung jawab.
Tujuan layanan |
Tahap perkenalan |
Tahap akomodasi |
Tahap tindakan |
|
1. Konseli dapat menjelaskan kronologi awal Merokok 2. Konseli dapat menceritakan hal-hal apa saja yang memacu dirinya pertama kali merokok 3. Konseli dapat mencerita dampak dari pada merokok itu sendiri 4. Konseli dapat mengetahui dampak buruk bila merokok 5. Konseli juga mengetahui zat apa saja yang terkandung dalam rokok |
1. Konseli dapat memilih waktu kapan dirinya akan mulai berhenti merokok 2. Konseli Motivasi, yakni bulatkan tekad untuk berhenti merokok 3. Tahan keinginan merokok dengan menundanya |
1.Konseli dapat merancang langkah-langkah apa saja yang harus dia ambil guna untuk mengurangi kebiasan merokok 2.Konseli Menguatkan tekad dan tujuan untuk berhenti merokok.Mengurangi frekuensi 3.merokok secara bertahap dan tidak secara langsung, agar tubuh dan pikiran dapat terbiasa dan berhenti dari kecanduan nikotin. 4.Mengalihkan kebiasaan merokok dengan aktivitas lain, seperti mengunyah permen karet |
Langkah Kegiata |
|||
Kegiatan awal |
1. Konseor menyambut konseli dengan ramah dan mempersilahkan duduk 2. Konselor menucapkan salam, menanyakan kabar ,dan juga menanyakan aktivitas apa yang sedang ia lakukan 3. Jika komunikasi yang di lakukan antara konselor dan konseli sudah mulai lancar , hubungan sudah mulai baik, koseli sidah melibatkan diri secara penuh kepada konselor, maka si konselor mulai mendifinisikan suatu masalah serta membantu menyelesaikan suatu masalah yang tengah di hadapi konseli 4. Konselor merumuskan tujuan dari pada konseli. 5. Konseli membuat janji tugas , azaz dan juga kontrak |
||
Kegiatan inti |
Menggunakan langkah-langkah konseling behavior Teknik self management untuk kasus merokok pada siswa |
||
assesment |
1. Konselor meminta kepada konseli untuk menceritakan secara jujur dan suka rela kronologi awal mula konseli merokok di usia remaja 2. Konselor mendorong konseli untuk menjelaskan perasaannya saat ini setelah melakukan konseling yang dilakukan di ruang bimbingan konseling 3. Konselor juga mendorong konseli untuk menjelaskan perasaannya saat ini berhasil atau tidaknya upaya konseli ntuk berhenti merokok |
||
Goal seting |
1. Konseli dapat menjelaskan atau mengungkapkan dampak buruknya merokok bagi kesehatan itu sendiri 2. Konseli dapat mendiskusikan suatu perubahan yang positif yang ingin di dia harapkan 3. Koseli Bersama dengan konselor merumuskan suatu tujauan yang akan di capai |
||
Technique implementation, |
1. Self control Menentukan spesisfik masalah dan menetapka tujaun a) Konselor meminta kepada konseli untuk menceritakan berhasil atau tidak di dalam selama konseli berproses untuk mengurangi kebiasaan dari pada merokok itu sendiri b) Konseli menyampaikan kepada keberhasilannya kepada konselor, dan konselor memberikan penguatan kepada konseli jika konseli itu gagal dalam upaya nya untuk mengurangi kebiasaan merokok c) Konselor mengajak konseli untuk merancang langkah selanjutnya guna mengurangi dari pada kebiasaan merokok itu sendiri2. 2. Self reward a) Konseli memberikan suatu reward atau hadiah bagi dirinya sendiri apabila si konseli berhasil untuk tidak merokok lagi |
Tahap akhir |
|
Evaluasi termination |
a. Konseli dapat menyimpulkan sendiri tentang kegiatan yang baru saja dia lakukan b. Konselor juga melakuakan evaluasi secara lisan kepada koseli |
feedback |
1. Konsel mengungkapkan manfaat yang dia peroleh selama melakukan konseling 2. Konseli Bersama dengan konselor membuat suatu kesepakatan atau janji tentang jadwal kegiatan konseling akan akan datang, 3. Konselor dan juga konseli melakukan monitoring hasil konseling 4. Konselor menutup kegiatan konseing kepada konseli dengan mngucapkan salam |
Penilaian proses |
a. Keterbukaan yang di lakukan oleh konseli b. Ke aktifan konseli dalam melakukan konseling c. Rasanyaman konseli selalma melakukan konseling d. Kesesuana wktu yang di gunakan selama proses konseling itu sendiri |
Penilaian akhir |
Pemahaman, perasaan posifit serta tindakan |
Tindak lanjut |
Konselor akan memantau konseli sesuai dengan jajnji yang sudah dibuat dan juga di sepakai bersama |
Mengetahui Kepala Sekolah TEMPAT, TANGGAL BULAN TAHUN
Kepala Sekolah Guru BK
Lembar Kesediaan Kesepakatan Konseling
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama :
Jenis kelamin :
Alamat :
Dengan ini menyatakan bersedia untuk mengikuti kegiatan konseling dari awal sampai akhir tanpa adanya paksaan dari siapapun secara terjadwal sesuai dengan kesepakatan.
1. Saya terlibat penuh aktif selama proses konseling berlangsung
2. Saya di minta untuk berbicara sejujunya tentang masalah yang sedang saya hadapi
3. Identitas sayaakan di rahasiakan dan tidak akan di samapaikan kepada umum
4. Saya menyetujui adanya perekaman selama proses konseling berlangsung, rekaman percakapan dan juga dokumentasi lainnya, dengan adanya jaminan informasi pribadi saya dirahasikaan
5. Guna menunjang kesepakatan segala hal, maka segala hal terkait dengan waktu dan tempat sesuai dengan disepakati Bersama.
Demikianlah surat kesepakatan ini saya buat dengan sungguh – sungguh
Terate . Juli, 2025
Konselor Konseli
( ) ( M. A )
Surat Persetujuan Orang Tua/Wali Untuk Mengikuti Konseling Individu
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Alamat :
Pekerjaan :
Selaku Orang Tua dari
Nama :
Jenis kelamin :
Alamat :
Dengan ini mengetahui/ menyetujui memberi izin kepada anak kami tersebut di atas untuk mengikuti kegiatan konseling individu dan akan memberikan dukungan sepenuhnya serta bertanggung jawab bilamana terjadi sesuatu hal selama mengikuti konseling individu sejak awal sampai akhir konseling individu.
Demikianlah surat pernyataan ini sya buat dengan sebenarnya, tanpa ada paksaan dari pihak mananpun dan dapat di pergunakan sebagai mana mestinya.
Terate, Juli, 2025
( )
Instrument Evaluasi Hasil Akhir Konseling Individu
Topik layanan : menurunkan prilaku merokok
Nama
Kelas
Petunjuk
centang ( ) pada
kolom skor sesuai hasil penialian
No |
Pernyataan |
Skor |
|||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
1. Konseli terlibat ktif dalam proses konseling |
|
|
|
|
|
2. Konseli dapat secara terbuka mengungkapkan penadapat kepada konselor |
|
|
|
|
|
3. Konseli merasa nyaman dalam proses konseling individu |
|
|
|
|
|
4. Layanan sesuai alokasi waktu |
|
|
|
|
Total skor |
|
|
|
|
Keterangan
Skor terendah = 5 dan skor tertinggi 20
Kategori
Sangai sesuai = 16-20
Sesuai = 11-15
Kurang = 6-10
Sangat kurang = 1-5
Mengetahui Terate, Juli, 2025
Guru BK Konseli
( ) ( M A)
Evaluasi Hasil
Nama :
kelas :
Petunjuk hasil
Setelah kamu mengikuti hasil konseling individu jawablah pertanyaan berikut
1. Bagaiamana Kronologis mulai merokok.
2. Apa dampak buruk dari pada rokok
3. Zat apa saja yang terdapat dalam kandungan rokok
4. Manfaat apa saja yang kamu peroleh setelah mengikuti proses konseling individu
5. Rencana apa yang kamu lakukan stelah melakukan layanan konseling untuk mengurangi prilaku merokok.
Mengetahui Terate, Juli, 2025
Guru BK Konseli
( ) ( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar