Sabtu, 22 Maret 2014

Pengembangan Paragraf




PENGEMBANGAN PARAGRAF
A. Berdasarkan Teknik
1. Secara Alamiah
1.1. Urutan Ruang (Spasial)
~Contoh:
Bangunan itu terbagi dalam empat ruang. Pada ruang pertama yang sering disebut dengan bangsal srimangenti terdapat dua pasang kurai kayu ukiran jepara. Ruangan ini sering digunakan Adipati Sindungriwut untuk menerima tamu kedipaten. Disebelah kiri bangsal srimangenti, terdapat ruangan khusus untuk menyimpan benda-benda pustaka kadipaten dan cendera mata dari kadipaten-kadipaten lain. Ruangan ini tertutup rapat dan selaludijaga oleh kesatria-kesatria terpilih kadipaten Ranggenah. Ruangan tempat penyimpanan benda-benda pustaka dan cendera mata ini sering disebut kundalini mesem. Agak jauh disebelah kanan ruang kundalini mesem terdapat sebuah ruangan yangsenantiasa menebarkan aroma dupa. Ruangan ini disebut ruang pemujan karena karena ditempat inilah Sang Adipati selalu mengadakan upacara dan kebaktian. Beberapa meter dari ruang pamujan terdapat ruangan kecil dengan sebuah tempayan besar ditengahnya. Ruangan ini sering disebut dengan ruang reresik, karena ruangan ini sering digunakan untuk membersihkan diri.
1.2. Urutan Waktu (Urutan Kronologis)
~Contoh:
            Menendang bola dengan sepatu baru dikenalnya sekitar tahun 1977, saat ini ia baru lulus dari STM Negeri 3 jurusan teknik elektro. Yang pertama kali melatihnya adalah klub Halilintar. Dari sinilah prestasinya terus menanjak hingga kemudian ia dapat bergabung dengan klub Pelita Jayab sampai sekarang. Tahun 1984 ia pernah dipanggil untuk memperkuat PSSI ke Merdeka Games di Malaysia. Waktu itu dipanggil lagi untuk turnamen di Brunei tahun 1985, ia gagal memenuhinya karena kakinya cedera.
2. Klimaks Dan Antiklimaks
~Contoh:
            Bentuk traktor mengalami perkembangan dari zaman ke zaman sesuai dengan kemajuan teknologi yang dicapai umat manusia. Pada waktu mesin uap baru jaya-jayanya, ada traktor yang dijalankan dengan mesin uap. Pada waktu tank menjadi pusat perhatian orang, traktor pun ikut-ikutan diberi model seperti tank. Keturunan traktor model tank ini sampai sekarang masih dipergunakan orang , yatu traktor yang memakai roda rantai. Traktor semacam ini adalah hasil perusahaan Carterpillar . Disamping Carterpillar , Ford pun tidak ketinggalan dalam pembuatan traktor dan alat-alat pertanian lainnya. Jepang pun tidak kalah saing dalam bidang ini. Produk Jepang yang khas di Indonesia terkenal dengan nama padi traktor yang bentuknya sudah mengalami perubahan dari model-model sebelumnya.
3. Umum-Khusus
~Contoh:
            Dokumen-dokumen dan keputusan-keputusan serta surat-menyurat yang dikeluarkan pemerintah dan badan-badan kenegaraan lainnya ditulis dengan bahasa Indonesia. Pidato-pidato, terutama pidato kenegaraan, ditulis dan diucapkan dengan bahasa Indonesia. Hanya dalam keadaan tertentu,demi kepentingan antarbangsa kadang-kadang pidato resmi ditulis dan diucapkan dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Demikian juga pemakaian bahasa Indonesia oleh masyarakat dalam upacara, peristiwa dan kegiatan kenegaraan. Dengan kata lain, komunikasi timbal balik antara pemerintah dengan masyarakat berlangsung dengan menggunakan bahasa Indonesia.
B. Berdasarkan Isi
1. Perbandingan Dan Pertentangan
1.1. Cara Pertentangan
~Contoh:
Setelah Indonesia membatalkan pembelian pesawat tempur F-16 dari AS, pesawat Mirage 200 dari Prancis, dan Mig-19/Fulcrum, pemerintah memutuskan untuk membeli Sukhoi-30 dari Rusia. Menurut Habibie, pesawat tempur Sukhoi-30 memiliki keunggulan, terutama dalam Aerodinamika. Selanjutnya, beliau mengemukakan bahwa kewenangan untuk memilih pesawat tempur yang akan dibeli berada pada TNI. Akan tetapi, menurut ketua Bappenas, pilihan jenis pesawat tempur pengganti F-16 akan diumumkan minggu depan.
1.2. Cara Perbandingan
~Contoh:
Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam mengatasi masalah kependudukan. Salah satu faktor perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenai tanggung beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya usia lanjut. Ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan, 17 Agustus 1945, oleh Soekarno-Hatta, jumlah penduduk kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hingga tiga kali lipat yakni 203,45 juta jiwa.
2. Analogi
~Contoh:
Otak manusia ibarat sebilah pisau. Otak manusia yang cerdas tidak akan mendapat prestasi yang tinggi bila tidak belajar dan dilatih. Demikian pula, sebilah pisau yang tajamakan menjadi tumpul apabila tidak diasah. Sebaliknya, otak manusia yang IQ-nya sedang-sedang saja akan mendapat prestasi yang gemilangjika belajar terus menerus. Demikian halnya, sebilah pisau yang tumpul akan menjadi tajam apabila diasah terus menerus.  Dengan demikian, apabila kita ingin menjadi orang yang berprestasi hendaknya seperti pisau yang diasah terus menerus.
3. Contoh-Contoh
~Contoh:
Selain tipe introvert, sifat manusia adalah ekstrover. Tipe ekstover adalah orang-orang yang perhatiannya lebih diarahkankeluar dirinya, kepada orang lain, dan kepada masyarakat. Orang yang tergolong tipe ekstrover memiliki sifat-sifat tertentu, contohnya berhati terbuka, lancer dalam pergaulan, ramah tamah, penggembira, mudah memengaruhi.
4. Sebab-Akibat
~Contoh:
Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernapasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri Jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Akibatnya, jumlah tamu baik dari luar negeri maupun dalam negeri merosot hingga tingkat hunian hotel di Batam berkurang hingga sepuluh persen. Demikian kata Publish Relation Manager Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas, ketika dihubungi Kopas di Batam.
5. Definisi Luas
~Contoh:
Sebagai Bangsa Indonesia, sudah semestinya kita mengenal tokoh-tokoh pahlawan. Pahlawan yaitu orang yang berjuang dan berjasa dalam membangun negara kita, Indonesia.  Didalam Sinetron yang ditayangkan televise, tokoh yang berjiwa pahlawan tidak digambarkan menurut semestinya. Kita dapat mengenal tokoh pahlawan bangsa melalui berita, cerita guru, buku-buku sejarah Indonesia, atu biografinya .
6. Klasifikasi
~Contoh:
Secara alamiah, penderita anemia tidak hanya memerlukan zat besi, tetapi juga vitamin dan mineral. Beberapa para ahli mengklasifikasikan dan mengkelompokan penderita anemia. Bagi penderita anemia berat, disarankan untuk mengkonsumsikan tablet tambah darah atau preparat besi dua kapsul perhariselama dua bulan. Sedangkan, bagi penderita anemia rinan hanya disarankan satu kapsul sehari selam 3-4 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar