Jumat, 28 Maret 2014

Soal Manajemen Kependidikan



Pertanyaan :                                                                   
  1. Jelaskan apa yang di maksud dengan perubahan gaya menajemen?
Jawab :
Manajemen Perubahan (Change Management) merupakan sebuah proses penyejajaran (alignment) berkelanjutan sebuah organisasi dengan pasarnya dan melakukanya lebih tanggap dan efektif dari pada para pesaingnya. Dimana Manajemen Perubahan adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi. Perubahan  dapat terjadi karena sebab-sebab yang berasal dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut.
Gaya merupakan suatu ciri atau penampilan karakteristik dari pelaksanaan kerja. Follest (1940) menjelaskan gaya sebagai, “penghargaan yang eksklusif dari para ahli. Dengan gaya terakhir yang dilakukan tanpa masalah-masalah yang mengikutinya”. Gaya memberikan suatu usaha yang elegant dan ekonomis untuk ditunjukkan oleh setiap manajer yang professional. Penelitian telah mengidentifikasi empat gaya  dan kepemimpinan para manajer dari berbagai bidang autokrasi, demokrasi, pasrtisipasi, dan laissez-faire.
Jadi perubahan gaya manajemen adalah sebuah proses penyejajaran atau penyesuaian diri yang berkelanjutan terhadap suatu ciri- ciri dari penampilan karakteristik pelaksanaan kerja, baik perubahan kearah negatif maupun kearah positif.
  1. Apakah manajemen menimbulkan perubahan perilaku?
Jawab :
Ya manajemen dapat menimbulkan perubahan perilaku, baik perubahan perilaku kearah positif ataupun negatif, karena perubahan merupakan keniscayaan bagi individu, organisasi, maupun masyarakat. Suatu perubahan melibatkan perasaan, aksi, perilaku, sikap, nilai-nilai dari orang yang terlibat dan tipe gaya manajemen yang dibutuhkan. Jika perubahan melibatkan sebagian besar terhadap perilaku dan sikap mereka, maka akan lebih sulit untuk merubahnya dan membutuhkan waktu yang lama. Jika pimpinan manajemen perubahan mengetahui emosi normal yang dicapai, ini akan lebih mudah untuk memahami dan menghandel emosi  secara benar. 
  1. Jelaskan konsep- konsep / teori- teori manajemen menurut para ahli?
  • Menurut Henry Fayol :
Menyebutkan ada lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
  • Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Menurut Mary Parker Follet :
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
  • Manajemen Menurut G.R. Terry :
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.
  • Menurut Ricky W. Griffin :
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar