Jumat, 28 Maret 2014

Silabus Sejarah Kelas X Kurikukum 2013



SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KELOMPOK PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL

Satuan Pendidikan     :  SMA
Kelas                             :  X
Kompetensi Inti           : 

1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur

1.2  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.






2.1    Menunjukkan sikap  tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya zaman  praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.

2.2    Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya

2.3    Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah







3.1    Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

3.2    Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

3.3    Menganalis  keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini


4.1    Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam  berbagai bentuk  komunikasi.

4.2    Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam  berbagai bentuk  komunikasi.

4.3    Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai  keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.










Manusia dan Sejarah
·    Manusia hidup dan berkreativitas dalam ruang dan waktu
·    Manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
·    Kehidupan manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu
























Mengamati:
·       Membaca buku teks tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Menanya:
·       Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan  data  lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini, dari sumber tertulis, dan sumber-sumber  lainnya yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis informasi yang didapat dari berbagai sumber mengenai keterkaitan antara  aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Mengomunikasikan:
·       Membuat hasil kajian dalam bentuk tulisan mengenai keterkaitan antara aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini


Tugas:
Membuat hasil kajian dalam bentuk tulisan  tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan hasil kajian mengenai aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis   materi  tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini


2 mg x 3 jp





































·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya.
·   Internet  (jika tersedia)























3.4    Menganalisis ilmu  sejarah

4.4    Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.

Sejarah Sebagai Ilmu


Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang sejarah sebagai ilmu.

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang sejarah sebagai ilmu.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan informasi dan  data  lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai sejarah sebagai ilmu, dari sumber tertulis  dan atau  internet serta sumber lainya.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis informasi dan data yang didapat mengenai sejarah sebagai ilmu.

Mengomunikasikan:
·         Membuat hasil telaah dalam bentuk tulisan mengenai sejarah sebagai ilmu.

Tugas:
Membuat hasil telaah dalam bentuk tulisan tentang sejarah sebagai ilmu.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:  
Menilai tulisan hasil telaah dalam bentuk tulisan tentang sejarah sebagai ilmu.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis   materi tentang ilmu sejarah.


2 mg x 3 jp


·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya
·   Media lain yang tersedia

3.5    Menganalisis cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.

4.5    Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi.

Berpikir Sejarah
·   Diakronik
·   Sinkronik
·   Kausalita
·   Interpretasi
·   Periodesasi

Mengamati:
·         Membaca buku teks dan sumber lain mengenai berpikir sejarah secara diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi untuk memperdalam pemahaman mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan  data lanjutan  mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan periodesasi  sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya dari sumber tertulis  dan atau  internet. serta sumber lainya.

Mengasosiasikan:
·         Melatih cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan menetapkan periodesasi sejarah melalui kajian terhadap beberapa peristiwa sejarah dari sumber seperti buku, jurnal atau sumber lainnya.

Mengomunikasikan:
·         Membuat hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi, mengenai penerapan kemampuan cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan membuat periodesasi sejarah, menyajikanya dalam berbagai bentuk presentasi.

Tugas:
Membuat hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi  tentang  berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi  tentang  berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan pembuatan periodesasi sejarah

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis   materi tentang berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.
.

2 mg x 3 jp

·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya
·   Media lain yang tersedia

3.6    Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah

4.6    Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

Sumber Sejarah
·       Pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Mengamati:
·         Membaca buku teks dan sumber lain mengenai pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam  berkaitan tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan  data lanjutan berdasarkan bacaan atau referensi yeng tersedia terkait tentang  pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah, melalui bacaan dan sumber lain yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis untuk menentukan keterkaitan antara pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Mengomunikasikan:
·         Hasil analisis dalam bentuk tulisan mengenai pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Tugas:
Membuat  analisis dalam bentuk tulisan  tentang  pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan hasil analisis tentang  pengertian, sifat, Jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah


Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis materi  tentang  pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah


2 mg  x 3 jp


·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya
·   Media/ sumber lain yang tersedia


3.7    Menganalisis langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah

4.7    Melakukan  penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.


Penelitian dan Penulisan Sejarah
·         langkah penelitian sejarah (bertanya, menentukan dan mencari sumber, kritik sumber, validasi informasi, interpretasi, rekonstruksi dan penulisan)

Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan  data  lanjutan terkait  tentang  langkah-langkah penelitian sejarah melalui bacaan dan referensi lain yang tersedia.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis  beberapa tulisan dan  referensi menganai langkah-langkah penelitian sejarah

Mengomunikasikan:
·         Menyajikan laporan hasil penelitian sejarah secara sederhana dalam bentuk tulisan mengenai  salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal  (dalam bentuk tugas semester)
.
Tugas:
Membuat tulisan secara sederhana salah satu peristiwa sejarah baik sejarah nasional maupun lokal.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan peserta didik hasil penelitian sederhana sejarah tentang salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal.

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis   materi  tentang  langkah penelitian sejarah

3 mg x 3 jp


·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X
·   Buku-buku  lainya
·   Sumber lain yang tersedia


3.8    Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern

4.8    Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yag ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.


Historiografi
·    Historiografi tradisional
·    Historiografi kolonial
·    Historiografi modern

Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang pengertian historiografi dan persamaan serta perbedaan antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman  tentang pengertian historiografi dan  ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan  data  lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai pengertian historiografi, ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern,  melalui bacaan dan sumber  sumber  lain yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis  informasi yang didapat  melalui bacaan dan sumber-sumber lainya dengan melakukan  pengelompokan  jenis historiografi   berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Mengomunikasikan:
·         Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan  berupa  klasifikasi  jenis historiografi   berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Tugas:
Membuat klasifikasi  jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai  laporan tertulis hasil klasifikasi  jenis historiografi   berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern


2 mg  x 3 jp


·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X
·   Buku-buku  lainya
·   Sumber lain yang tersedia


3.9    Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya

4.9    Menyajikan hasil analisis mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.


Manusia Purba Indonesia dan Dunia
·    Manusia purba Indonesia
·    Manusia purba Asia
·    Manusia purba Afrika
·    Manusia purba Eropa

Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang  keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam  fisik dan budaya

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman   tentang keterkaitan manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam  fisik dan budaya

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai keterkaitan manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya, melalui bacaan, gambar-gambar   dan fosil-fosil yang ada di museum terdekat.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis  informasi-informasi   yang didapat   untuk melakukan pengelompokan jenis-jenis manusia  purba Indonesia dan Dunia ke dalam  kelompok antropologi fisik dan kelompok budaya dan dalam garis waktu

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan  tentang  manusia purba Indonesia dan Dunia dalam garis waktu dan dalam hubungannya dengan manusia modern Asia, Afrika, dan Eropa

Tugas:
Membuat pengelompokan jenis-jenis manusia  purba Indonesia dan Dunia ke dalam  kelompok antropologi fisik dan kelompok budaya
 dalam garis waktu

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan,

Portofolio: 
Menilai laporan tertulis hasil pengelompokan jenis-jenis manusia  purba Indonesia dan Dunia ke dalam  kelompok antropologi fisik dan kelompok budaya
dalam garis waktu

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya



4 mg x 3 jp


·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya
·   Media lain yang tersedia

3.10 Menganalisis keterkaitan kehidupan  awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini

4.10 Menarik berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam bentuk tulisan



Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia
·    Kehidupan  awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini
·   Hubungan kebudayaan Hoa-bin, Bacson, Dongson dan Sahuynh pada masyarakat awal di Indonesia.

Mengamati:
·       Membaca buku teks dan menyaksikan video atau media visual lain mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Menanya:
·       Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi  dan pendalaman mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pertanyaan  mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini, melalui  bacaan dan sumber-sumber terkait.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini.

Mengomunikasikan:
·         Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan  berupa  beberapa kesimpulan mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Tugas:
Membuat beberapa kesimpulan
mengenai keunggulan dan pencapaian kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai  laporan tertulis berupa  beberapa kesimpulan
mengenai keunggulan dan pencapaian kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis keterkaitan kehidupan  awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini

5 mg x 3 jp

·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya
·   Media lain yang tersedia


3.11 Menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial

4.11 Menyajikan hasil analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.




Peradaban Awal Indonesia dan Dunia
·    Kehidupan Awal Indonesia dalam pencapaian  ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan primus inter ares, pertanian dan ukuran
·    Peradaban awal Asia (Cina, Indus, Mesopotamia)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
·    Peradaban awal Afrika (Mesir) dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
·    Peradaban awal Eropa (Yunani, Romawi, Kreta) dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, dan budaya
·    Peradaban awal Amerika (Inka) dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Mengamati:
·         Melalui membaca buku teks mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Menanya:
·         Menanya dan berdiskusi untuk klarifikasi dan pengetahuan yang lebih mendalam serta aspek lain dari apa yang terdapat di buku teks  mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan  data lanjutan terkait dengan pertanyaan  mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya, melalui  bacaan dan sumber-sumber lain yang terkait.

Mengasosiasikan:
·        Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain yang terkait. mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan hasil analisis dalam berbagai bentuk presentasi mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya.
Tugas:
Membuat  laporan presentasi  materi mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan tertulis berupa  presentasi  materi mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam  menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial

9 mg x 3 jp
·   Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·   Buku-buku  lainya.
·   Media lain yang tersedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar