SILABUS
MATA PELAJARAN
SEJARAH
KELOMPOK
PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menghayati
proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur
1.2 Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap
berbagai hasil budaya zaman praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam.
2.2 Meneladani
sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh
tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.3 Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan
waktu
3.2 Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan
keberlanjutan
3.3 Menganalis keterkaitan peristiwa sejarah
tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
4.1 Menyajikan
hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.2 Menyajikan
hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan
keberlanjutan, dalam berbagai
bentuk komunikasi.
4.3 Membuat
tulisan tentang hasil kajian mengenai
keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.
|
Manusia dan
Sejarah
· Manusia
hidup dan berkreativitas dalam ruang dan waktu
· Manusia
hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
· Kehidupan
manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu
|
Mengamati:
· Membaca buku
teks tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu
dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini
Menanya:
· Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang
aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam
perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan
pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu,
selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa
kini, dari sumber tertulis, dan sumber-sumber
lainnya yang mendukung.
Mengasosiasikan:
· Menganalisis
informasi yang didapat dari berbagai sumber mengenai keterkaitan antara aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang
dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
di masa kini
Mengomunikasikan:
· Membuat hasil
kajian dalam bentuk tulisan
mengenai keterkaitan antara aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan
waktu, dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa
kini
|
Tugas:
Membuat
hasil kajian dalam bentuk tulisan
tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu
dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan hasil kajian mengenai aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan
waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di
masa kini
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis materi tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam
ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia di masa kini
|
2 mg
x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya.
· Internet (jika tersedia)
|
3.4 Menganalisis ilmu sejarah
4.4 Menyajikan
hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam
bentuk tulisan.
|
Sejarah Sebagai Ilmu
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks tentang sejarah sebagai ilmu.
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan
klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang sejarah sebagai ilmu.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan informasi dan data
lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai sejarah sebagai ilmu, dari
sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainya.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis informasi dan data yang didapat
mengenai sejarah sebagai ilmu.
Mengomunikasikan:
·
Membuat hasil telaah dalam bentuk tulisan mengenai
sejarah sebagai ilmu.
|
Tugas:
Membuat
hasil telaah dalam bentuk tulisan tentang sejarah sebagai ilmu.
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan hasil telaah dalam bentuk tulisan tentang sejarah sebagai ilmu.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam menganalisis
materi tentang ilmu sejarah.
|
2 mg x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya
· Media
lain yang tersedia
|
3.5 Menganalisis cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa
sejarah.
4.5 Menerapkan
cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya,
dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Berpikir Sejarah
· Diakronik
· Sinkronik
· Kausalita
· Interpretasi
· Periodesasi
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks dan sumber lain mengenai
berpikir sejarah secara diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan
periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks
atau sumber lainnya.
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk memperdalam pemahaman
mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik, sinkronik, kausalita,
interpretasi dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam
tulisan, buku teks atau sumber lainnya.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan mengenai
pengertian berpikir sejarah diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan
periodesasi sejarah serta
contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya dari
sumber tertulis dan atau internet. serta sumber lainya.
Mengasosiasikan:
·
Melatih cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita,
interpretasi dan menetapkan periodesasi sejarah melalui kajian terhadap
beberapa peristiwa sejarah dari sumber seperti buku, jurnal atau sumber
lainnya.
Mengomunikasikan:
·
Membuat hasil
kajian dalam berbagai bentuk presentasi, mengenai penerapan kemampuan cara berpikir diakronik,
sinkronik, kausalita, interpretasi dan membuat periodesasi sejarah, menyajikanya dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Tugas:
Membuat
hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi
tentang berpikir diakronik,
sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi
tentang berpikir diakronik,
sinkronik, kausalita, interpretasi, dan pembuatan periodesasi sejarah
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam menganalisis
materi tentang berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi,
dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku
teks atau sumber lainnya.
.
|
2 mg x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya
· Media
lain yang tersedia
|
3.6 Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
4.6 Menyajikan
hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian
sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Sumber Sejarah
· Pengertian,
sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks dan sumber lain mengenai
pengertian, sifat, jenis, dan
kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan pemahaman lebih
mendalam berkaitan tentang pengertian,
sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam
ilmu sejarah
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan berdasarkan bacaan atau referensi yeng tersedia terkait
tentang pengertian, sifat, jenis, dan
kedudukan sumber dalam ilmu sejarah,
melalui bacaan dan sumber lain yang mendukung.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis untuk menentukan keterkaitan antara
pengertian, sifat, jenis, dan
kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
Mengomunikasikan:
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan mengenai
pengertian, sifat, jenis, dan
kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
|
Tugas:
Membuat analisis dalam bentuk tulisan tentang
pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan hasil analisis tentang
pengertian, sifat, Jenis, dan
kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis materi tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
|
2 mg
x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya
· Media/
sumber lain yang tersedia
|
3.7 Menganalisis langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai
peristiwa Sejarah
4.7 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan
menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.
|
Penelitian dan Penulisan Sejarah
·
langkah penelitian sejarah (bertanya,
menentukan dan mencari sumber, kritik sumber, validasi informasi,
interpretasi, rekonstruksi dan penulisan)
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks tentang langkah-langkah
penelitian Sejarah.
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan pemahaman
lebih mendalam tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait tentang
langkah-langkah penelitian sejarah melalui bacaan dan referensi lain
yang tersedia.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
beberapa tulisan dan referensi
menganai langkah-langkah penelitian sejarah
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan laporan hasil penelitian sejarah secara
sederhana dalam bentuk tulisan mengenai
salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal (dalam bentuk tugas semester)
.
|
Tugas:
Membuat
tulisan secara sederhana salah satu peristiwa sejarah baik sejarah nasional
maupun lokal.
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan peserta didik hasil penelitian sederhana sejarah tentang salah satu
peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis materi tentang
langkah penelitian sejarah
|
3 mg x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X
· Buku-buku lainya
· Sumber
lain yang tersedia
|
3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional,
kolonial dan modern
4.8 Menyajikan
hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan
modern dari sumber yag ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Historiografi
· Historiografi
tradisional
· Historiografi
kolonial
· Historiografi
modern
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks tentang pengertian historiografi
dan persamaan serta perbedaan antara historiografi tradisional, kolonial, dan
modern
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan
pendalaman pemahaman tentang
pengertian historiografi dan ciri
pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan
pertanyaan mengenai pengertian historiografi, ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern, melalui bacaan dan sumber sumber
lain yang mendukung.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
informasi yang didapat melalui
bacaan dan sumber-sumber lainya dengan melakukan pengelompokan jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil analisis dalam bentuk
tulisan berupa klasifikasi
jenis historiografi
berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial,
dan modern
|
Tugas:
Membuat
klasifikasi jenis historiografi
berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis hasil klasifikasi jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Tes:
Menilai kemampuan
peserta didik dalam
menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan
modern
|
2 mg x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X
· Buku-buku lainya
· Sumber
lain yang tersedia
|
3.9 Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia
dengan manusia modern dalam fisik dan budaya
4.9 Menyajikan
hasil analisis mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia
dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk
presentasi.
|
Manusia Purba Indonesia dan Dunia
· Manusia
purba Indonesia
· Manusia
purba Asia
· Manusia
purba Afrika
· Manusia
purba Eropa
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks tentang keterkaitan antara manusia purba Indonesia
dan Dunia dengan manusia modern dalam
fisik dan budaya
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan
pendalaman pemahaman tentang
keterkaitan manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan
pertanyaan mengenai keterkaitan manusia purba Indonesia dan Dunia dengan
manusia modern dalam fisik dan budaya, melalui bacaan, gambar-gambar dan fosil-fosil yang ada di museum
terdekat.
Mengasosiasikan:
· Menganalisis informasi-informasi yang didapat untuk melakukan pengelompokan jenis-jenis
manusia purba Indonesia dan Dunia ke
dalam kelompok antropologi fisik dan
kelompok budaya dan dalam garis waktu
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil analisis dalam bentuk
tulisan tentang manusia purba Indonesia dan Dunia dalam
garis waktu dan dalam hubungannya dengan manusia modern Asia, Afrika, dan
Eropa
|
Tugas:
Membuat
pengelompokan jenis-jenis manusia
purba Indonesia dan Dunia ke dalam
kelompok antropologi fisik dan kelompok budaya
dalam garis waktu
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan,
Portofolio:
Menilai
laporan tertulis hasil pengelompokan jenis-jenis manusia purba Indonesia dan Dunia ke dalam kelompok antropologi fisik dan kelompok
budaya
dalam
garis waktu
Tes:
Menilai kemampuan
peserta didik dalam
menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan
manusia modern dalam fisik dan budaya
|
4 mg x
3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya
· Media
lain yang tersedia
|
3.10 Menganalisis
keterkaitan kehidupan awal manusia
Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta
pengaruhnya dalam kehidupan masa kini
4.10 Menarik
berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada
zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam
bentuk tulisan
|
Kehidupan
Manusia Praaksara Indonesia
· Kehidupan awal manusia Indonesia di bidang
kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam
kehidupan masa kini
· Hubungan
kebudayaan Hoa-bin, Bacson, Dongson dan Sahuynh pada masyarakat awal di
Indonesia.
|
Mengamati:
· Membaca buku
teks dan menyaksikan video atau media visual lain mengenai keunggulan
kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan,
sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia,
serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini
Menanya:
· Menanya dan berdiskusi
untuk mendapatkan klarifikasi dan
pendalaman mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara
dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh
dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam
kehidupan manusia masa kini
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan
pertanyaan mengenai keunggulan
kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan,
sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia,
serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini,
melalui bacaan dan sumber-sumber
terkait.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait mengenai keunggulan
kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan,
sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia,
serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini.
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil analisis dalam bentuk
tulisan berupa beberapa kesimpulan mengenai keunggulan
kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi,
ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur
yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini
|
Tugas:
Membuat
beberapa kesimpulan
mengenai
keunggulan dan pencapaian kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara
dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain
di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa
kini
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis berupa beberapa kesimpulan
mengenai
keunggulan dan pencapaian kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara
dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan
lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia
masa kini
Tes:
Menilai kemampuan
peserta didik dalam
menganalisis keterkaitan
kehidupan awal manusia Indonesia di
bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya
dalam kehidupan masa kini
|
5 mg x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya
· Media
lain yang tersedia
|
3.11 Menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta
keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan
lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial
4.11 Menyajikan
hasil analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkitannya dengan
manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Peradaban Awal
Indonesia dan Dunia
· Kehidupan
Awal Indonesia dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan, pemerintahan primus inter ares, pertanian dan
ukuran
· Peradaban
awal Asia (Cina, Indus, Mesopotamia) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
· Peradaban
awal Afrika (Mesir) dalam pencapaian
ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
· Peradaban
awal Eropa (Yunani, Romawi, Kreta) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, dan budaya
· Peradaban
awal Amerika (Inka) dalam pencapaian
ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
|
Mengamati:
·
Melalui membaca buku teks mengenai peradaban awal
Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk klarifikasi dan
pengetahuan yang lebih mendalam serta aspek lain dari apa yang terdapat di
buku teks mengenai peradaban awal
Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia
(Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)
dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya, melalui bacaan dan sumber-sumber lain yang terkait.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain yang terkait. mengenai
peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Mengomunikasikan:
· Menyajikan
hasil analisis dalam berbagai bentuk presentasi mengenai peradaban awal
Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya.
|
Tugas:
Membuat laporan presentasi materi mengenai peradaban awal Indonesia
dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)
dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
laporan tertulis berupa
presentasi materi mengenai
peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Tes:
Menilai kemampuan
peserta didik
dalam menganalisis perbandingan
peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa
kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan,
pemerintahan dan sosial
|
9 mg x 3 jp
|
· Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
· Buku-buku lainya.
· Media lain
yang tersedia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar