RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (4)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 2 Pampangan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII
/ 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa
praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam
aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
Indikator :
1. Menganalisis bagaimana
perkembangan dan proses masuknya
pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia.
Alokasi
Waktu : 1 X 15 Menit (1 x Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Mendeskripsikan perkembangan dan proses masuknya Agama Hindu-
Buddha di Indonesia.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Perkembangan
dan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia, serta berbagai peninggalannya.
C.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Tanya
Jawab.
3. Penugasan.
D.
Langkah
–Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pertemuan
Keempat
Pendahuluan
a. Mengucapkan Salam
b. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas
|
2’ Menit
|
Ceramah
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
b. Guru
menjelaskan materi pembelajaran
c. Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya
|
7’ Menit
3’ Menit
|
Ceramah
Ceramah
Tanya jawab
|
3
|
Penutup
a. Guru menyimpulkan materi pembelajaran
b. Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa
|
3’ Menit
|
Ceramah
Penugasan
|
E.
Media
/
Sumber
Ø Media :
1. Grafis berbentuk bagan
Ø Sumber Bahan :
1. Waluyo, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta:
Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional
2. Poesponegoro,
Marwati Djoened. 1990.
Sejarah Nasional Indonesia II.
Jakarta : Balai Pustaka
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menganalisis
bagaimana perkembangan dan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di
Indonesia.
|
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas rumah
|
·
Sebutkan teori-
teori mengenai proses masuknya budaya Hindu-Buddha ke Indonesia?
·
Sebutkan berita
mengenai hubungan dagang Indonesia dan Cina?
·
Jelaskan pengaruh
Hindu-Buddha di bidang bahasa, agama, dan seni?
|
Ø Pedoman
Skor
No
|
Instrumen
|
Tingkat Kesukaran
|
Bobot
|
||
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||
1
2
3
|
Sebutkan teori- teori mengenai proses masuknya
budaya Hindu-Buddha ke Indonesia?
Sebutkan berita mengenai hubungan dagang Indonesia
dan Cina?
Jelaskan pengaruh Hindu-Buddha di bidang bahasa, agama, dan seni?
|
ü
|
ü
|
ü
|
15
35
50
|
JUMLAH
|
100
|
Mengetahui, Selasa,
01 April 2014
Kepala Sekolah SMA N.1 SP.Padang Guru PPL IPS
(Ahmad Zamhari, S.Pd., M.M) (Muhammad Deri Juniko)
KUNCI JAWABAN
- Teori- teori mengenai proses masuknya budaya Hindu-Buddha ke Indonesia, yaitu:
a. Teori
Brahmana
b. Teori
Kesatria
c. Teori
Waisya
d. Teori
Arus Balik
- Berita mengenai hubungan dagang antara orang Indonesia dan Cina, yaitu datangnya utusan dari Ho-lo-tan, sebuah negeri di She-po (Jawa), yang mengatakan bahwa hubungan dagang Indonesia dan Cina telah menempatkan Indonesia pada jaringan pergaulan Internasional.
- Pengaruh Hindu-Buddha di bidang bahasa, agama, dan seni adalah sebagai berikut:
a. Bidang
Bahasa
Dengan datangnya pengaruh budaya India
maka dipergunakan bahasa dari India, terutama bahasa Sanskerta dan Pali, tetapi
bahasa Jawa Kuno dan Melayu Kuno masih dipakai.
b. Bidang
Agama
Sebelum mendapat pengaruh agama- agama
dari India, penduduk Nusantara telah memiliki kepercayaan animisme, dinamisme,
animatisme, totemisme, dan fetisisme. Dengan masuknya budaya India, penduduk
Nusantara secara berangsur- angsur memeluk agama Hindu dan Buddha, yang diawali
oleh lapisan elite.
c. Bidang
Seni
Pengaruh agama Hindu-Buddha di bidang
seni, misalnya dalam seni arca, relief, sastra, musik, dan wayang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar