Sabtu, 22 Maret 2014

RPP SMA KELAS X SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (2)
Nama Sekolah                         : SMA Negeri 1 SP. Padang
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/ Semester                       : X / 1 (Satu)
Pertemuan Ke                         : 2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 1 x 15 Menit (1 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
B. Kompetensi Dasar
3.10 Menganalisis keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini.
C. Pembelajaran
1. Menganalisis informasi dan data- data yang didapat baik dari bacaan maupun sumber- sumber terkait mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi, dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur- unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini.
D. Tujuan Pembelajaran
1.  Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat prasejarah dengan tari, upacara, lagu, alat, bangunan, dan lukisan di kepulauan Indonesia.

D. Materi Ajar
1.  Kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini.
E. Pendekatan
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  Penugasan
F. Media Belajar
1. Media grafis berbentuk bagan
2. Media grafis berbentuk gambar
3. Spidol
4. Penghapus
5. Papan Tulis
G. Sumber Belajar
1. Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
H. Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
  1. Mengucapkan Lapaz Basmallah
  2. Mengecek kehadiran siswa
2 Menit
2
Inti
  1. Guru menjelaskan materi pembelajaran
  2. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya
7 Menit
3 Menit
3
Penutup
  1. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
  2. Mengucapkan Lapaz Hamdallah
3 Menit
I. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
·  Menganalisis informasi dan data- data yang didapat baik dari bacaan maupun sumber- sumber terkait mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi, dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur- unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini.
Penugasan
Tes Uraian

Tugas rumah
·      Apakah makna ucapan Presiden RI pertama Ir.Soekarno tentang “jangan sekali- sekali meninggalkan sejarah?
·      Mengapa sistem gotong royong merupakan kewajiban yang mendasar pada tradisi masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan?
·      Jelaskan tradisi- tradisi masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan?

Ø  Pedoman Skor
No
Instrumen
Skor
Bobot
Mudah
Sedang
Sukar
1


2



3
Apakah makna ucapan Presiden RI pertama Ir.Soekarno tentang “jangan sekali- sekali meninggalkan sejarah?

Mengapa sistem gotong royong merupakan kewajiban yang mendasar pada tradisi masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan?

Jelaskan tradisi- tradisi masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan?
ü   



ü   






ü   
15


35


50

Mengetahui,                                                                           Selasa, 18 Maret 2014
Kepala Sekolah SMA N.1 SP.Padang                                 Guru PPL IPS


(Ahmad Zamhari, S.Pd., M.M)                                            (Muhammad Deri Juniko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar