Jumat, 28 Maret 2014

RPP IPS SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (3)
Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang
Mata Pelajaran            : IPS (Sejarah)
Kelas / Semester          : XI / 1 (Satu)
Standar Kompetensi   : 1. Menganalisis perjalanan bangsa pada masa negara-negara
Tradisional.
Kompetensi Dasar       : 1.2 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu- Buddha di Indonesia.
Indikator                     : 1. Setelah mempelajari materi siswa diharapkan dapat menjelaskan
nama-nama prasasti dan lokasi penemuannya.
Alokasi Waktu            : 1 X 15 Menit (1 x Pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Mendeskripsikan proses perkembangan kerajaan- kerajaan masa Hindu- Buddha di Indonesia.
B.     Materi Pembelajaran
1.      Kerajaan tertua kedua di Indonesia: Kerajaan Tarumanegara
C.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah.
2.      Tanya Jawab.
3.      Penugasan.







D.    Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
Metode

1
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan
a.       Mengucapkan Salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas


2’ Menit


Ceramah
Ceramah

2
Kegiatan Inti
  1. Guru meminta siswa untuk memperhatikan bagan
b.      Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang kerajaan Tarumanegara
c.       Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya

7’ Menit


3’ Menit

Ceramah
Ceramah

Tanya jawab
3
Penutup
a.       Guru menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa

3’ Menit

Ceramah
Penugasan

E.     Media / Sumber
Ø  Media :
1.      Grafis berbentuk bagan
2.      Spidol
3.      Penghapus
4.      Papan Tulis
Ø  Sumber Bahan :
1.      Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
2.      Mustafa, Shodig. 2007. Wawasan Sejarah 2A Indonesia dan Dunia. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri




F.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
·      Setelah mempelajari materi siswa diharapkan dapat menjelaskan nama-nama prasasti dan lokasi penemuannya
Penugasan
Tes Uraian

Tugas rumah
·      Sebutkan penemuan tujuh prasasti kerajaan Tarumanegara?
·      Jelaskan sumber sejarah kerajaan Tarumanegara yang berasal dari berita Cina?
·      Uraikanlah aspek kehidupan politik, sosial, budaya, dan ekonomi kerajaan Tarumanegara?

Ø  Pedoman Skor
No
Instrumen
Tingkat Kesukaran
Bobot
Mudah
Sedang
Sukar
1

2


3
Sebutkan penemuan tujuh prasasti kerajaan Tarumanegara?
Jelaskan sumber sejarah kerajaan Tarumanegara yang berasal dari berita Cina?
Uraikanlah aspek kehidupan politik, sosial, budaya, dan ekonomi kerajaan Tarumanegara?
ü   


ü   




ü   
15

35

50


Mengetahui,                                                                           Selasa, 25 Maret 2014
Kepala Sekolah SMA N.1 SP.Padang                                 Guru PPL IPS


(Ahmad Zamhari, S.Pd., M.M)                                            (Muhammad Deri Juniko)





KUNCI JAWABAN
1.      Tujuh penemuan prasasti Kerajaan Tarumanegara, yaitu:
  • Prasasti Citarum (Ciaruteun),
  • Prasasti Kebun Kopi,
  • Prasasti Jambu,
  • Prasasti Pasir Awi (Pasir Muara),
  • Prasasti Muara Cianten (di Bogor,
  • Prasasti Tugu (di Jakarta),
  • Prasasti Lebak Muncul (di Banten Selatan).
2.      Sumber sejarah kerajaan Tarumanegara yang berasal dari berita Cina, yaitu dari zaman Dinasti T’ang berasal dari Fa- Hien yang menyebutkan bahwa di daerah pantai Utara Pulau Jawa bagian Barat telah ditemukan masyarakat yang mendapat pengaruh Hindu (India), masyarakat yang ditemukan itu diperkirakan menjadi bagian dari masyarakat Kerajaan Tarumanegara.
3.      Aspek- aspek kehidupan Kerajaan Tarumanegara, yaitu meliputi:
  • Aspek kehidupan Politik
Berdasarkan tulisan- tulisan yang terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang memerintah di Tarumanegara bernama Raja Purnawarman, Raja Purnawarman adalah raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya.
  • Aspek kehidupan Budaya
Hasil peninggalan kebudayaan dari Kerajaan Tarumanegara berupa Arca dan Prasasti. Keberadaan prasasti- prasasti tersebut menunjukkan telah berkembangnya kebudayaan tulis menulis di Kerajaan Tarumanegara.
  • Aspek kehidupan Sosial
Diperkirakan kehidupan sosial masyarakat Tarumanegara bertumpu pada kegiatan pertanian, dan perdagangan. Aspek gotong royong menjadi pola hidup mereka.
  • Aspek kehidupan Ekonomi
Pada masa pemerintahan Raja Purnawarman rakyat hidup aman dan teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar