RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (3)
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang
Mata Pelajaran : IPS (Sejarah)
Kelas / Semester : XI
/ 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis
perjalanan bangsa pada masa negara-negara
Tradisional.
Kompetensi Dasar :
1.2 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu- Buddha di Indonesia.
Indikator :
1. Setelah mempelajari materi siswa diharapkan dapat menjelaskan
nama-nama prasasti dan lokasi penemuannya.
Alokasi
Waktu : 1 X 15 Menit (1 x Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Mendeskripsikan proses perkembangan kerajaan- kerajaan
masa Hindu- Buddha di Indonesia.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Kerajaan tertua kedua di Indonesia: Kerajaan Tarumanegara
C.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Tanya
Jawab.
3. Penugasan.
D.
Langkah
–Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan
a. Mengucapkan Salam
b. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas
|
2’ Menit
|
Ceramah
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
b. Guru
menjelaskan materi pembelajaran tentang kerajaan Tarumanegara
c. Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya
|
7’ Menit
3’ Menit
|
Ceramah
Ceramah
Tanya jawab
|
3
|
Penutup
a. Guru menyimpulkan materi pembelajaran
b. Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa
|
3’ Menit
|
Ceramah
Penugasan
|
E.
Media
/
Sumber
Ø Media :
1. Grafis berbentuk bagan
2. Spidol
3. Penghapus
4. Papan
Tulis
Ø Sumber Bahan :
1. Badrika,
I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI.
Jakarta: Erlangga
2. Mustafa, Shodig. 2007. Wawasan Sejarah 2A Indonesia
dan Dunia. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Setelah mempelajari
materi siswa diharapkan dapat menjelaskan nama-nama prasasti dan lokasi
penemuannya
|
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas rumah
|
·
Sebutkan penemuan
tujuh prasasti kerajaan Tarumanegara?
·
Jelaskan sumber
sejarah kerajaan Tarumanegara yang berasal dari berita Cina?
·
Uraikanlah aspek
kehidupan politik, sosial, budaya, dan ekonomi kerajaan Tarumanegara?
|
Ø Pedoman
Skor
No
|
Instrumen
|
Tingkat Kesukaran
|
Bobot
|
||
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||
1
2
3
|
Sebutkan penemuan tujuh prasasti kerajaan Tarumanegara?
Jelaskan sumber sejarah kerajaan Tarumanegara yang berasal dari berita
Cina?
Uraikanlah aspek kehidupan politik, sosial, budaya,
dan ekonomi kerajaan Tarumanegara?
|
ü
|
ü
|
ü
|
15
35
50
|
Mengetahui, Selasa,
25 Maret 2014
Kepala Sekolah SMA N.1 SP.Padang Guru PPL IPS
(Ahmad Zamhari, S.Pd., M.M) (Muhammad Deri Juniko)
KUNCI JAWABAN
1. Tujuh
penemuan prasasti Kerajaan Tarumanegara, yaitu:
- Prasasti Citarum (Ciaruteun),
- Prasasti Kebun Kopi,
- Prasasti Jambu,
- Prasasti Pasir Awi (Pasir Muara),
- Prasasti Muara Cianten (di Bogor,
- Prasasti Tugu (di Jakarta),
- Prasasti Lebak Muncul (di Banten Selatan).
2.
Sumber sejarah kerajaan Tarumanegara
yang berasal dari berita Cina, yaitu dari zaman Dinasti T’ang berasal dari Fa-
Hien yang menyebutkan bahwa di daerah pantai Utara Pulau Jawa bagian Barat
telah ditemukan masyarakat yang mendapat pengaruh Hindu (India), masyarakat
yang ditemukan itu diperkirakan menjadi bagian dari masyarakat Kerajaan
Tarumanegara.
3.
Aspek- aspek kehidupan Kerajaan
Tarumanegara, yaitu meliputi:
- Aspek kehidupan Politik
Berdasarkan tulisan- tulisan yang
terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang memerintah di Tarumanegara bernama
Raja Purnawarman, Raja Purnawarman adalah raja besar yang telah berhasil
meningkatkan kehidupan rakyatnya.
- Aspek kehidupan Budaya
Hasil peninggalan kebudayaan dari
Kerajaan Tarumanegara berupa Arca dan Prasasti. Keberadaan prasasti- prasasti
tersebut menunjukkan telah berkembangnya kebudayaan tulis menulis di Kerajaan
Tarumanegara.
- Aspek kehidupan Sosial
Diperkirakan kehidupan sosial masyarakat
Tarumanegara bertumpu pada kegiatan pertanian, dan perdagangan. Aspek gotong
royong menjadi pola hidup mereka.
- Aspek kehidupan Ekonomi
Pada masa pemerintahan Raja Purnawarman
rakyat hidup aman dan teratur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar